Utsman Bin Affan: 9 Kemuliaan Bagi yang Shalat Tepat Waktu

Selasa, 17 November 2020 - 08:02 WIB
loading...
Utsman Bin Affan: 9 Kemuliaan Bagi yang Shalat Tepat Waktu
Shalat berjamaah tepat waktu merupakan amalan yang dicintai Allah Taala. Foto/Ist
A A A
Shalat mempunyai kedudukan yang sangat penting dan mendasar hingga syariat menempatkannya sebagai rukun Islam kedua setelah bersyahadat. Dalam Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Muslim, Nabi صلى الله عليه وسلم pernah ditanya oleh sahabat tentang amalan apa yang paling dicintai Allah? Lalu Beliau menjawab: (1) shalat pada waktunya (2) berbakti kepada orangtua (3) berjihad di jalan Allah.

( )

Ada 9 kemuliaan bagi yang menghidpkan shalat berjamaah tepat waktu sebagaimana disampaikan Sayyidina Utsman bin 'Affan radhiyallahu 'anhu. Beliau berkata: "Barang siapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah Ta'ala akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu:

1. Dicintai Allah Ta'ala
2. Badannya selalu Sehat
3. Keberadaannya selalu dijaga Malaikat
4. Rumahnya diberkahi
5. Wajahnya menampakkan jati diri orang shalih
6. Hatinya dilunakkan oleh Allah
7. Dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat
8. Dia akan diselamatkan Allah dari api neraka
9. Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.

( )

Keutamaan lain shalat berjamaah 5 waktu sebagaimana riwayat dari Anas bin Malik, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Siapa yang melaksanakan shalat karena Allah Ta'ala selama 40 hari berjamaah, tidak ketinggalan takbiratul ihram. Maka dituliskan baginya dijauhkan dari dua perkara, yaitu dari neraka dan dijauhkan dari kemunafikan." (HR At-Tirmidzi).

Hadis lain disebutkan, "Barangsiapa shalat Isya dengan berjamaah, maka seolah-olah dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat Subuh dengan berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat semalam suntuk." (HR Muslim dan Abu Dawud)

( )
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)