Apa yang Dibaca Makmum Saat Bangkit dari Ruku'?

loading...
Apa yang Dibaca Makmum Saat Bangkit dari Ruku?
Umat Islam diwajibkan menghidupkan dan menyempurnakan shalatnya agar tidak termasuk golongan yang lalai. Foto/Ist
Ruku' dan Iktidal merupakan bagian dari rukun shalat . Bangkit dari posisi Ruku' disebut dengan Iktidal yaitu kembali berdiri tegak dan mengembalikan anggota badan ke posisinya secara stabil.

Hal ini berdasarkan hadis : "Kemudian bangunlah sampai lurus tegak berdiri. (HR. Muslim). Pada posisi ini diwajibkan thuma'ninah sebagaimana ruku'. (Baca Juga: Baca Doa ini Sebelum Shalat, Setan Bakal Kabur )

Ustaz Farid Nu'man Hasan, Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia mengatakan, bacaan yang dibaca saat bangun dari Ruku' (Iktidal) yaitu "SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH ROBBANA WA LAKAL HAMDU". Sebagaimana hadis berikut:

كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ إِذَا افْتَتَحَ الصَّلَاةَ وَإِذَا كَبَّرَ لِلرُّكُوعِ وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ رَفَعَهُمَا كَذَلِكَ أَيْضًا وَقَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ وَكَانَ لَا يَفْعَلُ ذَلِكَ فِي السُّجُودِ



Bahwa Rasulullah mengangkat tangannya sejajar dengan pundaknya ketika memulai shalat, ketika takbir untuk rukuk dan ketika bangkit dari rukuk dengan mengucapkan: 'Sami'allahu Liman Hamidah Rabbanaa Wa Lakal Hamdu' (semoga Allah mendengar orang yang memuji-Nya. Ya Tuhan kami, milik-Mulah segala pujian)'. Beliau tidak melakukan seperti itu ketika akan sujud." (HR. Al-Bukhari)

Kalimat di atas dibaca oleh Imam dan orang yang shalat sendirian. Lalu, apa yang dibaca makmum saat bangkit dari ruku’? Apakah sama atau hanya "Rabbana wa Lakal Hamdu"? Dalam hal ini, ada dua pendapat ulama.

1. Kelompok yang mengatakan bahwa makmum hanya membaca "Rabbana wa Lakal Hamdu", bukan membaca "Sami'Allahu liman Hamidah."
Alasan kelompok ini adalah hadits berikut: Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi bersabda:

……وَإِذَا قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُولُوا رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ ….

"Ketika (Imam) membaca "Sami’Allahu liman Hamidah" maka bacalah oleh kalian: "Robbana wa Lakal Hamdu….." (HR. Al- Bukhari, Muslim)
halaman ke-1
cover top ayah
وَّيُعَذِّبَ الۡمُنٰفِقِيۡنَ وَالۡمُنٰفِقٰتِ وَالۡمُشۡرِكِيۡنَ وَ الۡمُشۡرِكٰتِ الظَّآنِّيۡنَ بِاللّٰهِ ظَنَّ السَّوۡءِ‌ؕ عَلَيۡهِمۡ دَآٮِٕرَةُ السَّوۡءِ‌ ۚ وَ غَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِمۡ وَلَعَنَهُمۡ وَاَعَدَّ لَهُمۡ جَهَنَّمَؕ وَسَآءَتۡ مَصِيۡرًا
dan Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, dan (juga) orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang berprasangka buruk terhadap Allah. Mereka akan mendapat giliran azab yang buruk dan Allah murka kepada mereka dan mengutuk mereka serta menyediakan neraka Jahanam bagi mereka. Dan neraka Jahanam itu seburuk-buruk tempat kembali.

(QS. Al-Fath:6)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!