Sehari Tanpa Bershalawat, Muslimin Pasti Merugi

Jum'at, 11 Desember 2020 - 18:34 WIB
loading...
Sehari Tanpa Bershalawat, Muslimin Pasti Merugi
Siapa yang bershalawat kepada Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam dalam salat wajibnya ataupun di tempat-tempat lainnya, maka ia sedang menjawab seruan Allah Taala. Foto istimewa
A A A
Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam merupakan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad sendiri dan juga merupakan perintah dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Anjuran membaca shalawat Nabi ditegaskan dalam Al Qur'an dan hadis. Shalawat juga sebagai pemenuhan perintah dari Allah Ta'ala dan kasih sayang dan pujian kita terhadap Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam.

(Baca juga : Saat Berolahraga pun, Aurat Perempuan Harus Tertutup )

Anjuran bershalawat kepada Nabi dapat kita lihat dari surat Al Ahzab ayat 56.

Allah Ta'ala berfirman :

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِيِّۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ صَلُّواْ عَلَيۡهِ وَسَلِّمُواْ تَسۡلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS.Al-Ahzab:56).

(Baca juga : Sifat Malu yang Sangat Dicintai Allah Ta'ala )

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah seseorang mengucapkan salam kepadaku kecuali Allah mengembalikan ruhku kepadaku sehingga aku membalas salam. (HR. An-Nasa’i Al-Hakim).

Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam juga menegaskan kita untuk bershalawat kepadanya dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Ibnu Mas’ud ra. Beliau bersabda “Manusia yang paling patut berkumpul denganku adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku.”

(Baca juga : Fadhilah Doa Terkait dengan Kelahiran Anak )

Jadi, pada hakikatnya shalawat adalah amal kebaikan untuk sarana atau wasilah bersilaturahmi dengan Rasulullah.
Dengan kita bershalawat maka kita mendapatkan balasan salam atau doa keselamatan dari Rasulullah dengan maqamnya (manzilah, kedudukan, derajat) di sisi Allah.

Shalawat adalah panggilan Allah kepada hamba-hamba yang telah dimuliakan dengan Iman. Shalawat kepada Nabi adalah wujud kepatuhan kita kepada Allah dalam menunaikan salah satu hak Rasulullah. Siapa yang bershalawat kepada Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam dalam salat wajibnya ataupun di tempat-tempat lainnya, maka ia sedang menjawab seruan Allah Ta'ala.

(Baca juga : Bukan di Indonesia, Senin Pekan Depan Akan Ada Gerhana Matahari Total )

Shalawat adalah satu-satunya perintah yang dicontohkan oleh Allah bersama para Malaikat sebelum diwajibkan bagi hamba-hamba-Nya.

Adapun faedah dan keutamaan Shalawat yang didapatkan oleh orang yang melantunkannya, menurut berbagai riwayat adalah

1. Shalawat mendekatkan seseorang dengan Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam.

2. Shalawat menambah tabungan kebaikan.

3. Shalawat adalah termasuk amal terbaik yang dicintai Allah Ta'ala.

(Baca juga : Konglomerasi Timur Tengah Tertarik Bisnis Rumah Murah di Indonesia )

4. Shalawat memberatkan timbangan amal.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)