Ummu Waraqah, Imam Salat Pertama Para Muslimah

Rabu, 16 Desember 2020 - 14:27 WIB
loading...
Ummu Waraqah, Imam Salat Pertama Para Muslimah
Ummu Waraqah adalah satu di antara kaum perempuan Anshar yang menorehkan lembaran-lembaran menawan dalam sejarah Islam. Foto ilustrasi/pixabay
A A A

Cahaya Islam telah menuntun hati Ummu Waraqah binti Abdullah bin Harits al-Anshariyah. Muslimah yang juga seorang shahabiyah ini, telah menyatukan seluruh pikiran pada akhirat sehingga tidak sibuk memikirkan segala hiasan dunia nan fana. Dia tahu pasti bahwa satu kali tasbih dalam lembaran amal seorang mukmin, lebih baik daripada dunia dan seisinya.

Oleh karena itu, Ummu Waraqah menjadikan rumahnya sebagai masjid. Ia pun menjadi ikon dalam ibadah, menghayati kitab Allah hingga setiap ayatnya seakan mengalir di dalam urat-urat tubuhnya sehingga kalbunya mendapat asupan kesegaran iman dan ketaatan.

(Baca juga : Agar Optimal Mendapat Pahala, Adab-adab Puasa Jangan Diabaikan )

Dikutip dari beberapa kitab tentang kisah-kisah para shahabiyah, dijelaskan bahwa Ummu Waraqah adalah satu di antara kaum perempuan Anshar yang menorehkan lembaran-lembaran menawan dalam sejarah Islam. Dia masuk Islam bersama wanita-wanita yang lebih dahulu masuk Islam, berbaiat kepada Rasulullah, dan meriwayatkan hadis dari beliau.

Dengan begitu, Ummu Waraqah termasuk di antara mereka yang Allah singgung dalam firman-Nya,

وَالسّٰبِقُوۡنَ الۡاَوَّلُوۡنَ مِنَ الۡمُهٰجِرِيۡنَ وَالۡاَنۡصَارِ وَالَّذِيۡنَ اتَّبَعُوۡهُمۡ بِاِحۡسَانٍ ۙ رَّضِىَ اللّٰهُ عَنۡهُمۡ وَرَضُوۡا عَنۡهُ وَاَعَدَّ لَهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ تَحۡتَهَا الۡاَنۡهٰرُ خٰلِدِيۡنَ فِيۡهَاۤ اَبَدًا‌ ؕ ذٰ لِكَ الۡـفَوۡزُ الۡعَظِيۡمُ
“Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surge-surga yang menglir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung.” (QS at-Taubah : 100)

(Baca juga : Hadis-hadis Tentang Doa Mustajab )

Ada beberapa keutamaan yang dimiliki Ummu Waraqah atau shahabiyah ini. Selain rumahnya yang dijadikan masjid untuk para muslimah, ia sendiri yang didapuk menjadi imamnya oleh Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam sendiri. Rumahnya menjadi sebaik-baiknya rumah di Madinah. Betapa tidak, di dalamnya digaungkan azan pertama khusus untuk rumah dan digelar salat jamaah bagi para Muslimah.

Bahkan, Baginda Rasul secara khusus mengutus seorang muazin untuk memanggil para shahabiyah menunaikan salat di rumah Ummu Waraqah ini. Perempuan salehah ini juga mendapat gelar as-Syahidah semasa hidupnya.

Kesungguhan Ummu Waraqah dalam berislam begitu disukai Nabi SAW. Nabi SAW sering mengunjungi kediaman Ummu Waraqah sebagai bentuk penghormatan. Ummu Waraqah dikenal dengan bacaan Al-Qur'annya yang bagus. Keilmuannya juga sangat mendalam.

(Baca juga : Ummu Ma'bad dan Domba yang Diperah Rasulullah )

Setiap perintah Allah melalui Nabi-Nya, selalu disambut oleh Ummu Waraqah. Dia merupakan orang Anshar yang selalu hadir dan siap sedia menunaikan apa pun perintah dari Rasulullah. Saat kaum Muslimin akan berjihad di medan Badar, Ummu Waraqah mendatangi Nabi SAW dan mengajukan permintaan.

"Wahai Rasulullah, izinkan aku pergi bersama kalian agar aku bisa merawat orang yang sakit dan mengobati orang yang terluka. Mudah-mudahan dengan itu Allah SWT menganugerahiku mati syahid," pintanya penuh harap.

Namun, seperti hadis yang diriwayatkan Abu Dawud, Nabi SAW menjawab, "Tinggallah di rumahmu. Sungguh, Allah akan menganugerahimu mati syahid di rumahmu." Ummu Waraqah pun taat dan patuh dengan perintah Allah dan Rasul-Nya. Sejak saat itulah Ummu Waraqah digelari asy-Syahidah, padahal dia masih hidup di dunia ini. Salah seorang yang gemar memanggil Ummu Waraqah dengan asy-Syahidah, yakni Umar bin Khattab radhiyallahu'anhu.

(Baca juga : Peta Zonasi Covid-19 Tak Kunjung Membaik, Satgas Minta Daerah Serius )

Ummu Waraqah juga mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan menuliskan pada kulit, pelepah kurma, dan tulang. Saat Abu Bakar as-Shidiq RA ingin mengumpulkan ayat Alquran dalam satu mushaf, ia meminta Zaid bin Tsabit merujuk ayat-ayat yang dihimpun Ummu Waraqah.

Saat kaum Muslimin dipimpin Umar bin Khattab, Ummu Waraqah menemui takdirnya. Dia memiliki sepasang budak laki-laki dan perempuan. Mereka dijanjikan kebebasan jika Ummu Waraqah meninggal kelak. Karena tidak sabar ingin mendapatkan kebebasan, budak Ummu Waraqah merencanakan persengkongkolan jahat. Suatu malam, mereka menyekap Ummu Waraqah dengan kain dan membunuhnya. Setelah itu, mereka berdua kabur.

(Baca juga : Sebentar Lagi, Ratusan Ribu UMKM Bakal Pesta Diskon Nasional )

Amirul Mukminin Umar bin Khattab yang curiga. Setiap malam dia selalu mendengar bacaan Al-Qur'an, Ummu Waraqah. Namun, hari itu ada yang ganjil. "Demi Allah, semalam aku tidak mendengar bacaan bibiku, Ummu Waraqah," papar Umar.

Umar pun pergi mencari tahu dan mendatangi rumah Ummu Waraqah. Umar mendapati rumah Ummu Waraqah sunyi. Ia mencari sosok shahabiyah mulia itu hingga kamarnya. Namun, betapa terkejutnya Umar saat mendapati sosok yang sudah terbujur kaku ditutup selimut. Ummu Waraqah meninggal menemui takdirnya seperti yang disabdakan Rasulullah. "Benarlah apa yang diucapkan Rasulullah. Beliau pernah berkata, 'Marilah kita menemui wanita yang syahid' saat menyebut Ummu Waraqah," kata Umar.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)