Canda Ala Sufi: Bulan Lama, Sapi dan Kotoran Anjing

Sabtu, 19 Desember 2020 - 13:22 WIB
loading...
Canda Ala Sufi: Bulan Lama, Sapi dan Kotoran Anjing
Nashruddin Hoja. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
Beriku ceria kocak ala sufi yang dinukil dari karya Nashruddin dengan judul asli Nawadhir Juha al-Kubra dan diterjemahkan oleh Muhdor Assegaf dengan judul " Canda Ala Sufi Nashruddin "



Bulan yang Lama


Suatu hari, Nashruddin berjalan menuju sebuah lembah. Dia lalu dihadang oleh seorang penggembala yang berkata padanya, "Wahai tuan, apakah Anda orang yang pandai?"

Nashruddin menjawab, "Ya."



Penggembala itu berkata, "Lihatlah ke lembah itu, orang-orang bergelimpangan di sana. Akulah yang membunuh mereka itu, karena mereka tidak dapat menjawab sebuah pertanyaanku ini."

Nashruddin lalu bertanya padanya, "Apa pertanyanmu itu."

Penggembala itu berkata, "Bulan, ketika berupa sabit, kita melihatnya kecil. Kemudian, dia menjadi besar seperti roda. Lalu, dia berubah menjadi kecil lagi dan kemudian menghilang serta yang tampak adalah lainnya. Lantas, apa yang mereka perbuat dengan bulan yang lama?"

Nashruddin menundukkan kepalanya dan berkata, "Kasihan mereka orang-orang bodoh itu... Bulan yang lama itu bersembunyi karena musim hujan dan dia sedang membuat kilat."



Penggembala itu lalu memeluk Nashruddin dan mencium tangannya. Dan dia berkata kepada Nashruddin, "Demi Allah, inilah jawaban yang terlintas dalam benakku."

Sapi yang Bersalah

Suatu saat, seekor anak sapi mengambil rumput milik Nashruddin, lalu dia lari dan membawanya pergi. Melihat kejadian itu, Nashruddin marah dan segera menemui induk anak sapi itu. Lalu Nashruddin memukulinya dengan tongkatnya.

Melihat perbuatan Nashruddin itu, tetangganya bertanya, "Mengapa engkau memukulinya? Apakah dia telah bersalah?"

Nashruddin menjawab, "Ya, dia bersalah, bukan anaknya. Karena dialah yang mendidik dan mengajari anaknya."



Di Hadapan Hakim

Suatu hari, seekor anjing membuang cotoran di jalan, di antara dua rumah. Kedua pemilik rumah itu berselisih, siapa orang yang harus membersihkan kotoran itu? Kedua orang itu pun pergi ke hakim untuk menyelesaikan permasalahan mereka itu. Kebetulan, Nashruddin berada di rumah hakim itu.

Setelah keduanya menceritakan masalahnya, hakim itu bertanya kepada Nashruddin sembari bergurau, "Apakah kamu dapat menyelesaikan masalah ini?" Maka dengan tegas Nashruddin menjawab, "Karena kotoran itu jatuh di jalan umum, tidak ada yang berkewajiban membersihkan kotoran itu. Menurutku, yang wajib membersihkannya adalah hakim ini." ( )
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2561 seconds (0.1#10.140)