12 Dalil Berdoa dengan Tawassul, Jangan Gagal Paham (1)

loading...
12 Dalil Berdoa dengan Tawassul, Jangan Gagal Paham (1)
Mayoritas ulama membolehkan tawassul dengan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan orang-orang shalih. Foto/Makam Rasulullah
Tawassul merupakan salah satu adab dalam memanjatkan doa (permohonan) kepada Allah Ta'ala. Secara bahasa, tawassuladalah perantara atau wasilah. Arti tawassul adalah mengambil sarana/wasilah agar doa (ibadahnya) lebih diterima dan dikabulkan. Atau bisa juga diartikan segala hal yang dapat menyampaikan dan mendekatkan kepada sesuatu.

Islam membolehkan umatnya berdoa dengan tawassul. Bagi yang mengingkarinya barangkali belum memahami sepenuhnya hakikat dan makna tawassul. Mari kita simak firman Allah berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَٱبْتَغُوٓا۟ إِلَيْهِ ٱلْوَسِيلَةَ وَجَٰهِدُوا۟ فِى سَبِيلِهِۦ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan (wasilah) yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan." (QS Al-Maidah: 35)



(Baca Juga: Bacaan Zikir Lengkap dan Doa Setelah Shalat)

Untuk diketahui, Hadis 'Orang buta yang bertawassul kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم' juga merupakan satu dari banyak dalil bolehnya menjadikan Rasulullah sebagai wasilah kepada Allah.Ulama besar seperti Syaikh Ali Jumah, Habib Ali Al-Jufri dan Syaikh Ramadhan Al-Buti, mereka mengatakan bahwa tawassul dengan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dan orang shalih yang sudah wafat hukumnya boleh. Tentu saja, tawassul ini ada syaratnya yaitu meyakini bahwa Allah saja yang mempunyai hak memberi manfaat dan mudarat.

Jika ada orang memfatwakan bahwa bertawassul itu syirik, maka ia sama saja telah menuduh Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan orang-orang Islam pengikut Nabi dengan syirik. Na'udzubillahi min dzalik. Berikut kami rangkum 12 dalil berdoa dengan tawassul.

1. Surah An-Nisa Ayat 64

وَمَآ أَرْسَلْنَا مِن رَّسُولٍ إِلَّا لِيُطَاعَ بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۚ وَلَوْ أَنَّهُمْ إِذ ظَّلَمُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ جَآءُوكَ فَٱسْتَغْفَرُوا۟ ٱللَّهَ وَٱسْتَغْفَرَ لَهُمُ ٱلرَّسُولُ لَوَجَدُوا۟ ٱللَّهَ تَوَّابًا رَّحِيمًا
halaman ke-1
cover top ayah
فَبِاَىِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

(QS. Ar-Rahman:13)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video