Salat di Atas Kendaraan (2)

Berikut Lima Syarat Dibolehkannya Salat di Atas Kendaraan

loading...
Berikut Lima Syarat Dibolehkannya Salat di Atas Kendaraan
Pramugari salat di pesawat. Ilustrasi/Foto/ist/facebook
Selain salat di atas punggung unta , ada juga dalil yang berupa perintah Rasulullah SAW kepada para sahabat untuk salat di atas kapal laut. Sebuah hadis menceritakan bagaimana Rasulullah SAW memerintahkan kepada Ja’far bin Abi Thalib untuk melakukan salat di atas perahu atau kapal laut, ketika menuju ke negeri Habasyah.

Baca juga: Sejumlah Hadis yang Menjadi Dasar Wajibnya Sujud Sahwi

Bahwa Nabi SAW ketika mengutus Ja'far bin Abi Thalib radhiyallahuanhu ke Habasyah, memerintahkan untuk salat di atas kapal laut dengan berdiri, kecuali bila takut tenggelam. (HR Al-Haitsami dan Al-Bazzar)

Selain itu juga ada hadis lainnya yang menceritakan salat di atas kapal laut.



Dari Abdullah bin Atabah berkata,"Aku menemani Jabir bin Abdullah, Abu Said Al-Khudri dan Abu Hurairah naik kapal laut. Mereka salat berjamah dengan berdiri, salah seorang menjadi imam buat yang lainnya. (HR. Said bin Manshur)

Baca juga: Berikut Hadis yang Jadi Dasar Salat di Atas Kendaraan

Umumnya para ulama membolehkan salat sunnah di atas kendaraan, namun mereka mengharuskan untuk turun dari kendaraan bila yang dikerjakan salat wajib. Kalau pun terpaksa melakukan salat wajib di atas kendaraan, maka ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Buku " Shalat di Kendaraan " karya Ustaz Ahmad Sarwat menyebut sedangkan dalam salat wajib, Rasulullah SAW tidak mengerjakannya di atas kendaraan. Bahkan dua hadis Jabir menyebutkan dengan tegas bahwa beliau SAW turun dari kendaraan dan salat di atas tanah menghadap ke kiblat.

Kalau pun beliau SAW salat fardhu di atas punggung unta, hal itu karena memang untuk turun ke atas tanah tidak dimungkinkan, lantaran saat itu turun hujan yang membuat tanah menjadi becek atau berlumpur.
halaman ke-1
cover top ayah
وَاِنَّا لَنَعۡلَمُ اَنَّ مِنۡكُمۡ مُّكَذِّبِيۡنَ‏
Dan sungguh, Kami mengetahui bahwa di antara kamu ada orang yang mendustakan (Al-Qur'an).

(QS. Al-Haqqah:49)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video