Canda Ala Sufi: Buah Pala untuk Bayi dan Dua Pintu Rumah

loading...
Canda Ala Sufi: Buah Pala untuk Bayi dan Dua Pintu Rumah
Nashruddin Hoja. Foto/Ilustrasi/Ist
Berikut Canda Ala Sufi terjemahan Muhdor Assegaf dari karya Nashruddin dengan judul asli Nawadhir Juha al-Kubra.

Baca juga: Canda Ala Sufi: Aku Datang untuk Memberitahumu, Allah Satu Jawaban Juga Satu

Jika Melihat Buah Pala, Dia akan Segera Lahir

Suatu saat, istri Nashruddin hamil. Ketika tiba saat melahirkan, dia mengalami kesulitan. Wanita-wanita yang berada di rumah Nashruddin pun bingung dan ribut. Mereka lalu datang pada Nashruddin dan berkata, "Doakan agar dia cepat melahirkan dengan mudah. Jika tidak, dia atau anaknya akan mati."



Nashruddin menggeleng-gelengkan kepalanya dan terus keluar menuju pasar. Dia lalu membeli beberapa biji buah pala. Setelah pulang dari pasar, Nashruddin langsung mendekat pada istrinya dan meletakkan buah itu di bawah kursi di mana istrinya duduk. Kemudian dia berkata, "Semoga dengan melihat buah pala ini bayimu akan segera keluar dan bermain-main dengannya".

Baca juga: Canda Ala Sufi: Ahli Waris, Bagaimana Membedakan Wanita dan Pria?

Rumah Ini Mungkin Memiliki Dua Pintu

Suatu hari, Nashruddin mengundang beberapa orang muridnya untuk bertandang ke rumahnya. Mereka pun datang.

Ketika Nashruddin melihat istrinya, dia berkata padanya, "Di pintu ada beberapa orang tamu, aku harap engkau menghormati mereka."
halaman ke-1
cover top ayah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنۡ جَآءَكُمۡ فَاسِقٌ ۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوۡۤا اَنۡ تُصِيۡبُوۡا قَوۡمًا ۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصۡبِحُوۡا عَلٰى مَا فَعَلۡتُمۡ نٰدِمِيۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

(QS. Al-Hujurat:6)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video