Julaibib dan Pengantin Perempuan

Minggu, 24 Januari 2021 - 15:02 WIB
loading...
Julaibib dan Pengantin Perempuan
Kisah Julaibib menjelaskan kepada kita bahwa barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, mereka itu adalah orang-orang yang mendapat kemenangan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Banyak hikmah tentang perempuan saleha dari kisah-kisah sahabat Rasulullah . Salah satunya tentang kisah ini, yang menceritakan seorang perempuan yang tahan memegang bara dan taat kepada Rasulullah dan Rabb-Nya.Jika datang perintah dari syariat kepada salah seorang mereka, dia taat, terima, dan tunduk. Dia tidak menyanggah, tidak membangkang, ataupun mencari alasan untuk tidak menerimanya. Maka balasan setimpal sudah Allah Ta'ala siapkan untuknya.

Dikutip dari buku “90 Kisah Malam Pertama” karya Abdul Muththalib Hamd Utsman yang sudah diterjemahkan cetakan Pustaka Darul Haq, ada kisah tentang perempuan saleha yang juga seorang calon pengantin.



Adalah seorang laki-laki dari sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bernama Julaibib. Wajahnya tidak begitu menarik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menawarinya menikah. Dia berkata (tidak percaya), “Kalau begitu, Anda menganggapku tidak laku?”

Beliau bersabda, “Tetapi kamu di sisi Allah bukan tidak laku.” Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa terus mencari kesempatan untuk menikahkan Julaibib. Hingga suatu hari, seorang laki-laki dari Anshar datang menawarkan putrinya yang janda kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar beliau menikahinya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya, “Ya. Wahai fulan! Nikahkan aku dengan putrimu.”

“Ya, dan sungguh itu suatu kenikmatan, wahai Rasulullah,” katanya riang.

Namun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya, “Sesungguhnya aku tidak menginginkannya untuk diriku…”
“Lalu, untuk siapa?” tanyanya.
Beliau menjawab, “Untuk Julaibib…”
Ia terperanjat, “Julaibib, wahai Rasulullah?!! Biarkan aku meminta pendapat ibunya….”



Laki-laki itu pun pulang kepada istrinya seraya berkata, “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melamar putrimu.”

Dia menjawab, “Ya, dan itu suatu kenikmatan…”
“Menjadi istri Rasulullah!” tambahnya girang.

Dia berkata lagi, “Sesungguhnya beliau tidak menginginkannya untuk diri beliau.”
“Lalu, untuk siapa?” tanyanya.
“Beliau menginginkannya untuk Julaibib,” jawabnya.

Dia berkata, “Aku siap memberikan leherku untuk Julaibib… ! Tidak. Demi Allah! Aku tidak akan menikahkan putriku dengan Julaibib. Padahal, kita telah menolak lamaran si fulan dan si fulan…” katanya lagi.



Sang bapak pun sedih karena hal itu, dan ketika hendak beranjak menuju Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba wanita itu berteriak memanggil ayahnya dari kamarnya, “Siapa yang melamarku kepada kalian?”

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,” jawab keduanya.

Dia berkata, “Apakah kalian akan menolak perintah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?”
“Bawa aku menuju Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sungguh, beliau tidak akan menyia-nyiakanku,” lanjutnya.

Sang bapak pun pergi menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, seraya berkata, “Wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, terserah Anda. Nikahkanlah dia dengan Julaibib.”



Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menikahkannya dengan Julaibib, serta mendoakannya,

اَللّهُمَّ صُبَّ عَلَيْهِمَا الْخَيْرَ صَبًّا وَلَا تَجْعَلْ عَيْشَهُمَا كَدًّا كَدًّا
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4363 seconds (0.1#10.140)