Canda Ala Sufi: Bulan dalam Sumur dan Seorang Pencuri

Senin, 25 Januari 2021 - 19:13 WIB
loading...
Canda Ala Sufi: Bulan dalam Sumur dan Seorang Pencuri
Ilustrasi/Ist
A A A
Berikut Canda Ala Sufi terjemahan Muhdor Assegaf dari karya Nashruddin dengan judul asli Nawadhir Juha al-Kubra.

Baca juga
: Canda Ala Sufi: Burung Bulbul, Tukang Cukur, dan Sang Anak

Alhamdulillah, Aku Mengeluarkannya dari Sumur

Suatu malam, Nashruddin melihat bayangan bulan pada sebuah sumur dan berkata, "Betapa malangnya bulan itu, mengapa dia jatuh ke dalam sumur?"

Lalu, dia berusaha mengeluarkannya dengan menggerak-gerakkan ember yang ada di dalamnya, agar dia naik. Namun, setelah melakukanya, bulan itu tidak juga mau naik ke dalam ember. Nashruddin kemudian mengambil seutas tali dan mengikatnya dengan kuat pada sebuah batu besar, karena dia tahu bulan itu sangat berat, dan akan sulit untuk mengangkatnya.

Ketika mengikat batu itu dengan sekuat tenaganya, Nashruddin terjungkir dan jatuh terpelanting. Sambil terkapar, matanya memandangi langit. Tiba-tiba saja, dia melihat sang rembulan sudah berada di sana. Dengan kesakitan Nashruddin berkata, "Alhamdulillah, tulang punggungku patah, namun aku berhasil menyelamatkan bulan yang malang itu."

Aku Bersembunyi, Malu Padamu

Suatu malam, Nashruddin merasa bahwa seorang pencuri telah masuk ke rumahnya. Lalu, dia bersembunyi di dalam sebuah lemari. Setelah lama pencuri itu mencari sesuatu dan tidak mendapatkan apapun, dia berdiri sejenak dan terlihatlah olehnya sebuah lemari yang tertutup. Pencuri itu berkata dalam hati, "Semoga aku beroleh sesuatu di dalamnya."

Dia lalu membukanya. Tiba-tiba, terlihatlah Nashruddin di dalamnya. Setelah melihat Nashruddin, tubuh pencuri itu bergetar ketakutan. Namun, dia memberanikan diri dan berkata, "Apa yang sedang kau lakukan di sini, wahai orang tua?"

Nashruddin menjawab, "Wahai tuan, jangan kau lakukan apapun padaku. Sebab, aku tahu bahwa engkau tidak mendapatkan sesuatu pun untuk dicuri. Aku bersembunyi karena malu padamu..."

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3696 seconds (0.1#10.140)