Mukmin yang Membaca Al-Qur'an Seperti Jeruk Manis, Begini Maksudnya

Minggu, 17 Mei 2020 - 18:03 WIB
loading...
Mukmin yang Membaca Al-Quran Seperti Jeruk Manis, Begini Maksudnya
Mereka yang istiqamah membaca Al-Quran dan mempelajarinya kelak akan mendapatkan syafaat di Hari Kiamat nanti. Foto/dok SINDOnews
A A A
Keutamaan membaca Al-Qur'an banyak dijelaskan dalam hadis Nabi. Beruntunglah mereka yang istiqamah membaca Al-Qur'an dan mempelajarinya karena kelak akan mendapatkan syafaat di Hari Kiamat nanti.

Selain mendapatkan syafaat (pertolongan), Al-Qur'an juga ternyata memberi manfaat dan berkah yang luar biasa kepada pembacanya. Nabi menyifati para pembaca Al-Qur'an dengan perumpamaan di bawah ini: (Baca Juga: Membaca Al-Qur'an Terbata-bata Dapat Pahala 2 Kali, Ini Penjelasannya)

عَن اَبي مُوُسى رَضي اللٌهُ عَنهُ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلٌي اللٌهُ عَلَيهِ وَ سَلٌم مَثَلُ المُومِنِ اٌلَذِي يَقَراُ القُرانَ مَثَلُ الآترُجَةِ رِيحُهَا طيِبُ وَطَعمُهَا طَيِبُ وَمَثَلُ الموُمِنِ اٌلَذِي لآيَقرَاٌ القُرانَ كَمَثَلِ التَمرَة لآريَح لَهَا وَطَعمُهَا حُلوٌ وَمَثَلُ المُنَافِقِ اٌلَذِي يَقرَأ القُرانَ مَثَلُ الرَّيْحَانَةِ رِيْحُهَا طَيّبٌ وَطَعْمُهَا مُرُّ وَمَثَلُ المُنَافق اّلذِي لا يَقْرَأُ القُرْانَ كَمَثِلِ الحَنُظلَةِ لَيسَ لَهَا رِيحُ وطعمها مُرُّ. (رواه البخارى ومسلم والنسائي وابن ماجة).

Dari Abu Musa RA berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda, "Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Qur'an adalah seperti jeruk manis yang baunya harum dan rasanya manis. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur'an adalah seperti kurma, tidak berbau harum tetapi rasanya manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur'an adalah seperti bunga, baunya harum tetapi rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur'an seumpama buah pare, tidak berbau harum dan rasanya pahit." (HR Al-Bukhari, Muslim, Nasai, dan Ibnu Majah)

Dalam Kitab Fadhail Qur'an karya Syeikh Maulana Zakariyya Al-Kandahlawy dijelaskan hadis di atas menunjukan perbandingan antara sesuatu yang abstrak dengan yang nyata. Sehingga dapat lebih mudah dibedakan antara orang yang membaca Al-Qur'an dan yang tidak membacanya. Padahal jelas bahwa kelezatan tilawah Al-Qur'an jauh berbeda dari kelezatan apa pun di dunia ini, seperti jeruk dan kurma.

Tetapi banyak rahasia dibalik tamsil hadis yang menjadi saksi terhadap ilmu Nubuwwah dan luasnya pemahaman Nabi SAW . Misalnya, jeruk mengharumkan mulut, menguatkan pencernaan, membersihkan lambung, dan sebagainya. Semua manfaat itu juga dihasilkan oleh pembaca Al-Qur'an , yaitu mewangikan mulut, membersihkan batin, dan menguatkan ruhani.

Keistimewaan lainnya dari buah jeruk adalah bahwa jin tidak dapat memasuki rumah yang di dalamnya terdapat jeruk. Jika benar maka hal ini merupakan suatu keserupaan khusus pada Al-Qur'an . Saya mendengar dari beberapa dokter ahli yang mengatakan bahwa jeruk manis dapat menguatkan ingatan.(Baca Juga: 3 Amalan yang Dicintai Allah di Bulan Ramadhan)

Dan menurut riwayat Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu dalam Al-Ihya disebutkan bahwa ada 3 hal dapat menguatkan ingatan, yaitu:
(1) Bersiwak.
(2) Shaum.
(3) Membaca Al-Qur'an.

Sebagai penutup hadis di atas, dalam riwayat Abu Dawud disebutkan bahwa sahabat yang baik adalah seperti penjual minyak wangi kasturi. Meskipun tidak memiliki kasturi tetapi jika berdekatan dengannya akan mendapatkan keharuman. Sedangkan sahabat yang buruk seperti tukang besi, meskipun tidak terkena apinya, tetapi jika berdekatan dengannya akan terkena asapnya. Karena itu penting untuk diperhatikan siapakah sahabat dan teman bergaul kita. (Baca Juga: 11 Adab Membaca Al-Qur'an, Yuk Amalkan!)

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)