Inilah Ragam Kebaikan Allah untuk Orang yang Sabar

Jum'at, 05 Maret 2021 - 07:35 WIB
loading...
Inilah Ragam Kebaikan Allah untuk Orang yang Sabar
Allah menjanjikan pahala tanpa batas bagi hamba-hambanya yang bersabar, pahala tanpa batas ini hanya salah satu contoh kebaikan yang Allah berikan, masih banyak kebaikan lain untuk orang yang sabar. Foto ilustrasi/ist
A A A
Syariat mengajarkan kita tentang sabar. Dikatakan bahwa sabar adalah kunci kebahagiaan seorang hamba. Dengan kesabaran, ada banyak kebaikan-kebaikan yang Allah janjikan kepada hambanya.

Dalam Al – Quran, Allah Ta'ala menjamin akan memberikan pahala kepada orang-orang yang bersabar secara sempurna, tanpa hitungan. Allah juga memberitakan bahwa Dia bersama mereka dengan bimbingan hidayah-Nya, dengan kemenangan-Nya.

Baca juga: Jariyah Istigfar Anak Akan Kejutkan Orang Tuanya di Akherat

Allah Ta'ala berfirman:

وَاَطِيۡعُوا اللّٰهَ وَرَسُوۡلَهٗ وَلَا تَنَازَعُوۡا فَتَفۡشَلُوۡا وَتَذۡهَبَ رِيۡحُكُمۡ‌ وَاصۡبِرُوۡا‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيۡنَ‌ۚ
“Dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS Al-Anfal: 46)

Dengan demikian, orang-orang yang sabar telah menggenggam ma’iyyah ini dengan membawa kebaikan dunia dan akhirat . Mereka telah jaya mendapatkan ma’iyyah ini dengan berbagai nikmat-Nya baik yang batin maupun yang lahir.

Baca juga: Keadaan Kaum Perempuan Menjelang Akhir Zaman

Saking pentingnya sabar, Ibnul Qayyim rahimahullah mengibaratkan sabar sebagaimana kepala untuk seluruh tubuh. “Kedudukan sabar dalam iman laksana kepala bagi seluruh tubuh. Apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh.” (Al Fawa’id)

Bersabar pada kenyataannya juga akan membawa kebaikan bagi kita sendiri, sebagaimana Allah telah berjanji di dalam Al-Quran, menyebutkan kebaikan-kebaikan apa saja yang akan didapatkan oleh hamba-Nya yang senantiasa bersabar. Berikut di antaranya:

1. Keberuntungan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung." (QS. Ali Imran: 200).

Baca juga: Zikir Pembuka Rezeki, Amalan Ringan yang Membuat Rezeki Datang Berlimpah

2. Bersama Allah

وَكَأَيِّن مِّن نَّبِىٍّ قَٰتَلَ مَعَهُۥ رِبِّيُّونَ كَثِيرٌ فَمَا وَهَنُوا۟ لِمَآ أَصَابَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَمَا ضَعُفُوا۟ وَمَا ٱسْتَكَانُوا۟ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلصَّٰبِرِينَ

"Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar." (QS. Ali Imran 146).

Baca juga: Kegempaan Selatan Jatim Meningkat, Kepala BMKG Pusat Peringatkan Ancaman Tsunam i

3. Memperoleh ampunan, rahmat dan petunjuk dari Allah

وَلَنَبۡلُوَنَّكُم بِشَيۡءٖ مِّنَ ٱلۡخَوۡفِ وَٱلۡجُوعِ وَنَقۡصٖ مِّنَ ٱلۡأَمۡوَٰلِ وَٱلۡأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِين

.ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3271 seconds (10.101#12.26)