Amalan Sebelum Tidur yang Pahalanya Dapat Menghapus Dosa

loading...
Amalan Sebelum Tidur yang Pahalanya Dapat Menghapus Dosa
Sebelum tidur dianjurkan untuk melakukan amalan sunnah seperti membaca Al-Quran terutama membaca ayat kursi dan 2 ayat terkahir dari surat Al Baqarah, yang pahalanya dapat menghapus dosa. Foto ilustrasi/ist
Melakukan amalan sebelum tidur untuk menambah pahala dan menghapus dosa-dosa. Amalan sebelum tidur ini menjadi ibadah sunah bagi umat Islam yang sangat dianjurkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Ketika hendak tidur, kita dianjurkan selalu berdoa, agar pada saat kita tidur terhindar dari gangguan dan godaan setan , dari mara bahaya maupun dari gangguan binatang yang membahayakan . Bersyukur Allah SWT maha pengampun lagi maha penyayang. Sebesar dan sebanyak apa pun dosa dan khilaf yang pernah kita lakukan, jika menyesali, tak mengulangi dan bertaubat, sungguh pengampunan-Nya amat luar biasa.

Baca juga: Jangan Menunda Menikah Agar Rezeki Lancar

Ketika hendak tidur, kita tidak tahu akan datangnya kematian. Sebagai manusia yang tak pernah luput dari dosa, baik dosa yang kecil maupun yang besar, maka kita pun dianjurkan bertaubat. Kita tidak pernah tahu bagaimana nasib manusia ketika istirahat dengan keadaan tidur tersebut. Bahkan, tak jarang ada seseorang yang wafat ketika tidur.

Jadi, ada baiknya kita melakukan amalam sebelum tidur yang biasa dilakukan Rasulullah SAW. Melakukan amalan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Ta'ala. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut amalan sebelum tidur yang dianjurkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam:



Baca juga: Batalkah Sholat Perempuan Ketika Rambutnya Terlihat?

1. Menjaga wudhu

Sebelum tidur, hendaknya kita berwudhu selayaknya akan melakukan sholat. “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” (HR.Bukhari dan Muslim).

2. Membersihkan tempat tidur

Membersihlan tempat tidur juga merupakan amalan tidur yang sangat sederhana dan mudah dilakukan setiap saat.
“Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Inilah Ragam Kebaikan Allah untuk Orang yang Sabar

3. Membaca doa

Membaca doa sebelum tidur merupakan amalan yang bisa menambah pahala dan keberkahan sebagaimana yang dilakukan Rasulullah. “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’

Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari)

4. Membaca surat Al-Ikhlas

Amalan sebelum tidur yang memiliki pahala yang terhingga adalah membaca surat al-ikhlas. “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, surat al-Ikhlas itu senilai sepertiga al-Quran.” (HR. Bukhari dan Ahmad).

Baca juga: Ada Tausiyah Ustaz Yusuf Mansur, Ini Link Registrasi Peluncuran Pembiayaan Syariah SIAP HAJI!

5. Membaca Sholawat

Kita hendaknya membaca sholawat ketika hendak tidur. Membaca sholawat akan mendapatkan syafaat di hari akhir nanti. “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).
halaman ke-1
cover top ayah
لَا يَنۡهٰٮكُمُ اللّٰهُ عَنِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يُقَاتِلُوۡكُمۡ فِى الدِّيۡنِ وَلَمۡ يُخۡرِجُوۡكُمۡ مِّنۡ دِيَارِكُمۡ اَنۡ تَبَرُّوۡهُمۡ وَ تُقۡسِطُوۡۤا اِلَيۡهِمۡ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الۡمُقۡسِطِيۡنَ‏
Allah tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.

(QS. Al-Mumtahanah:8)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!