Ini Diet Cara Rasulullah yang Wajib Muslimah Tahu

Sabtu, 06 Maret 2021 - 05:00 WIB
loading...
Ini Diet Cara Rasulullah yang Wajib Muslimah Tahu
Ada ketentuan-ketentuan yang harus kita patuhi ketika kita melaksanakan diet. Ketentuan-ketentuan itu haruslah sesuai dengan syariat Islam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada banyak cara dan metode diet yang kini tengah tren. Namun tahukah muslimah bahwa Rasulullah pun pernah mengajarkan cara yang benar diet sesuai syariat . Diet cara Rasulullah ini sangat baik diamalkan untuk kesehatan .

Dalam Islam, Rasulullah mengajarkan kepada kita banyak hal dalam berbagai aspek kehidupan . Contohnya saja dalam aspek kesehatan ini, seperti tentang diet yang sehat. Ada banyak hadis yang mengisahkan tentang diet ini.



Salah satunya adalah kisah Ali bin Abi Thalib radhiyallahu'anhu yang diet karena sedang dalam masa penyembuhan. Dalam riwayat Sunan Abu Dawud pada kitab Al Tibb (3856) yang menceritakan tentang kisah Ali yang sedang “diet”:

حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ، وَأَبُو عَامِرٍ – وَهَذَا لَفْظُ أَبِي عَامِرٍ – عَنْ فُلَيْحِ بْنِ سُلَيْمَانَ، عَنْ أَيُّوبَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ صَعْصَعَةَ الأَنْصَارِيِّ، عَنْ يَعْقُوبَ بْنِ أَبِي يَعْقُوبَ، عَنْ أُمِّ الْمُنْذِرِ بِنْتِ قَيْسٍ الأَنْصَارِيَّةِ، قَالَتْ دَخَلَ عَلَىَّ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَمَعَهُ عَلِيٌّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَعَلِيٌّ نَاقِهٌ وَلَنَا دَوَالِي مُعَلَّقَةٌ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَأْكُلُ مِنْهَا وَقَامَ عَلِيٌّ لِيَأْكُلَ فَطَفِقَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ لِعَلِيٍّ ‏”‏ مَهْ إِنَّكَ نَاقِهٌ ‏”‏ ‏.‏ حَتَّى كَفَّ عَلِيٌّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ ‏.‏ قَالَتْ وَصَنَعْتُ شَعِيرًا وَسِلْقًا فَجِئْتُ بِهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏”‏ يَا عَلِيُّ أَصِبْ مِنْ هَذَا فَهُوَ أَنْفَعُ لَكَ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو دَاوُدَ قَالَ هَارُونُ الْعَدَوِيَّةِ

'Rasulullah SAW datang berkunjung padaku (Ummi Mundzir) dengan ditemani oleh Ali. Saat itu Ali sedang dalam masa penyembuhan. Kami memiliki beberapa kurma ranum yang tergantung di dapur. Rasulullah kemudian memakannya bersama Ali. Namun Kemudian Rasulullah berkata kepada Ali: Ali, hentikan memakan itu karena engkau sedang dalam masa penyembuhan. Kemudian aku (Ummi Mundzir) menyiapkan beberapa kudapan gandum dan minuman dari racikan tumbuhan obat. Rasulullah kemudian berkata: Ambil beberapa dari ini, karena itu lebih baik untukmu".



Hadis Nabi di atas menulas secara gamblang bahwa Rasulullah juga menyarankan sahabatnya Ali untuk diet karena dirinya sedang dalam masa penyembuhan. Dalam hadis ini kita bisa memetik hikmah pula bahwa Rasulullah sendiri tidak melarang diet. Bahkan Rasulullah sendiri menyarankan untuk melaksanakan diet ketika diet itu baik untuk kita.

Namun ada ketentuan-ketentuan yang harus kita patuhi ketika kita melaksanakan diet. Ketentuan-ketentuan itu haruslah sesuai dengan syariat Islam yakni menjauhi konsumsi makanan yang tidak jelas halal atau haramnya. Atau melakukan diet yang terlalu berlebihan atau malah menganiaya diri sendiri.

.

Nah muslimah, kita juga bisa meniru pola makan sehat yang diajarkan Rasulullah. Pola makan Rasulullah ini sekaligus sebagai pola diet yang baik dan benar. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah cara diet 'ala' Rasulullah tersebut:

1.Makan dengan prinsip sepertiga bagian

Dalam hal makanan prinsip yang digunakan Rasululla adalah sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum dan sepertiga untuk bernafas. Dalam urusan makanan, Rasulullah tidaklah berlebih-lebihan. Beliau hanya meminta rezeki makanan secukupnya.

Hal ini mengajarkan kita agar jangan berlebih-lebihan dalam hal menyantap makanan dan minuman, cukup dengan secukupnya saja. Karena Rasulullah mengajarkan kepada kita bahwa makanan dalah salah satu sumber penyakit, maka janganlah berlebih-lebihan.



2.Memakan makanan halal

Bukan hanya masalah seberapa banyak makanan yang kita makan, namun seberapa besar gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Makanan yang halal adalah makanan yang baik yang akan membuat tubuh kita sehat dan bugar. Makan yang baik belum tentu halal namun makanan yang halal sudah tentu baik.

Dalam hal makanan, Rasulullah sangat menyukai makanan organik. Bebrapa sayur favorit Rasulullah yaitu mentimun, labu dan semangka. Beliau juga suka makan kurma, minum air putih dan segelas susu segar.



3. Cukupi kebutuhan minum air putih

Mengonsumsi air putih bermanfaat untuk membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh. Karena air putih adalah kebutuhan primer maka dari itu memperbaiki kebiasaan minum air putih agar tubuh menjadi lebih sehat. Rasululah juga suka minum air putih.

4. Berpuasa

Puasa adalah cara efektif untuk mengatur pola makan, juga mengistirahatkan oragan pencernaan. Setidaknya dengan berpuasa akan mengurangi tunpukan lemak yang berlebihan yang menyebabkan kelebihan berat badan. Namun jangan pernah menitik beratkan niat ibadah puasa hanya karena ingin menurunkan berat badan. Niatkanlah puasa dengan murni karena Allah SWT.



Rasullullah mengajarkan untuk membatasi makan, salah satunya dengan melakukan ibadah puasa. Dengan berpuasa akan membantu untuk menahan nafsu terutama dalam masalah makanam dan minumam. Namun intinya adalah jangan makan dan minum dengan berlebihan.

5.Jangan tidur setelah makan

Tidur setelah makan merupakan kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Di saat kita merasa lapar perut akan menuntut untuk diisi dengan banyak makanan hal ini menyebabkan kita makan dengan sangat kenyang. Namun kemudian akibat makan sangat kenyang muncul rasa ngantuk. Kebiasaan Rasulllah adalah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.



Hal inilah yang dilakukan Rasululah agar setelah makan tidak muncul rasa ngantuk akbiat kekenyangan. Selain itu Rasulullah selalu melakukan kegiatan setelah makan untuk menghindari hal tersebut.

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3315 seconds (0.1#10.140)