Banjir Pahala dari Sholat Dhuha

Kamis, 25 Maret 2021 - 09:04 WIB
loading...
Banjir Pahala dari Sholat  Dhuha
Sholat Dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan seperti keutamaan sedekah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ibadah sholat Dhuha merupakan salah satu cara meningkatkan amal ibadah dan cara meningkatkan akhlak manusia. Bagi ibu rumah tangga, yang banyak waktu luang di rumah, sangat sayang jika melewatkan waktu Duha tanpa mengerjakan sholat sunnah ini. Sebab dari sholat Dhuha, kita akan mendapatkan banjir pahala berlimpah .



Rentang waktu sholat Dhuha cukup lebar yaitu 15 menit dari terbitnya matahari sampai 15 menit sebelum waktu dzuhur. Jadi sholat Duha bisa dilaksanakan sebelum berangkat mengerjakan aktifitas harian , ataupun setelah tiba di tempat kerja atau sekolah. Rasanya rugi kalau kita tidak menyempatkan sedikit waktu untuk melakukan sholat Dhuha. Meskipun sifatnya sunnah, tapi sholat dhuha memiliki banyak sekali keutamaan.



Dirangkum dari berbagai sumber, sholat Dhuha memiliki nilai yang sama seperti nilai amalan seperti keutamaan sedekah. Sesdekah yang dimaksud adalah sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita terlebih jika kita ikhlas mengerjakannya. Orang islam yang mengerjakan sholat Dhuha akan memperoleh ganjaran pahala sebanyak persendian itu.



Sebagaimana hadis Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam :

“Di setiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah ) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu akbar) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha sebanding dengan pahala semua itu. ”Artinya, meskipun sifatnya sunnah, tapi sholat Dhuha memiliki banyak sekali keutamaan.



Dengan berkah dan keutamaannya yang sangat banyak, maka jika orang-orang sadar akan keutamaan sholat Dhuha, pasti mereka tidak akan melewatkannya.

hadis yang lain :

وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا ، قَالَتْ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعاً ، وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللهُ . رَوَاهُ مُسْلِمٌ.



‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Dulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melakukan empat rakaat salat Duha dan menambahkannya sesuai dengan kehendak Allah.” (HR. Muslim).

Sholat Duha boleh dengan empat rakaat, caranya bisa dengan dua rakaat salam dan dua rakaat salam. Dari hadis ini disimpulkan bahwa tidak ada rakaat maksimal untuk sholat Dhuha, boleh lebih dari empat, delapan, atau dua belas rakaat. Begitulah Allah menjanjikan begitu banyak pahala bagi setiap orang beriman yang menjaga ibadah wajib dan sunnah.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)