Doa Akhir Syaban Menjelang Ramadhan Lengkap Latin dan Artinya

Minggu, 11 April 2021 - 18:05 WIB
loading...
Doa Akhir Syaban Menjelang Ramadhan Lengkap Latin dan Artinya
Suasana terkini di Masjid Nabawi Madinah menjelang bulan suci Ramadhan. Foto/dok SINDOnews
A A A
Hari ini kita berada pada hari-hari terakhir bulan Syaban tepatnya 28 Sya'ban 1442 Hijriyah, Ahad (11/4/2021). Umat Islam dianjurkan untuk berdoa sekaligus menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

Berikut doa akhir Sya'ban menjelang Ramadhan

اللّهُمَّ إِنْ لَمْ تَكُنْ غَفَرْتَ لَنا فِيما مَضى مِنْ شَعْبانَ فَاغْفِرْ لَنا فِيما بَقِيَ مِنْهُ


Allahumma illam Takun Ghofarta Lana Fiimaa Madho' min Sya'ban Faghfir Lana Fimaa Baqiya Minhu.

Artinya:
Ya Allah, jika Engkau tidak mengampuni kami di hari-hari Sya'ban yang telah berlalu, maka ampunilah kami di hari-hari yang tersisa ini.



Imam Ja'far Ash-Shadiq selalu membaca doa ini pada malam malam terakhir bulan Sya'ban dan malam pertama Bulan Ramadhan. Berikut doanya:

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على محمد وآل محمد


Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma Sholli 'alaa Muhammadin wa 'alaa Ali Muhammad

Artinya:
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
Ya Allah, sampaikan sholawat kepada Rasulullah dan kepada keluarganya.

اَللّـهُمَّ اِنَّ هذَا الشَّهْرَ الْمُبارَكَ الَّذي اُنْزِلَ فيهِ الْقُرآنُ وَجُعِلَ هُدىً لِلنّاسِ وَبَيِّناتِ مِنَ الْهُدى وَالْفُرْقانِ قَدْ حَضَرَ فَسَلِّمْنا فيهِ وَسَلَّمْهُ لَنا وَتَسَلِّمْهُ ‏مِنّا في يُسْر مِنْكَ وعافِيَة، يا مَنْ اَخَذَ الْقَليلَ، وَشَكَرَ الْكَثيرَ، اِقْبَل مِنِّى الْيَسيرَ ‏


Allahumma innaa Hadzasy Syahrol Mubaarokalladzii Unzilla Fiihil Qur'aanu waju'ila Hudal Linnaasi wa Bayyinaati Minal Huda wal Furqaani Qod hadhoro Fasallimnaa Fiihi wa Sallamhu Lana wa Tasallimhu Minnaa Fii Yusro Minka wa 'Aafiyati Yaa Man Akhodzal Qoliila wa Syakarol Katsiiro Iqbal Minnil Yasiir.

Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya bulan ini adalah bulan yang penuh berkah, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an dan dijadikan petunjuk bagi manusia, penjelasan dari petunjuk dan pembeda. Bulan Ramadhan telah datang, maka selamatkan kami di dalamnya, selamatkan ia bagi kami, dan jadikan ia keselamatan bagi kami dalam kemudahan dan keselamatan dari-Mu. Wahai Yang Menerima amal yang sedikit dan mensyukuri yang banyak, terimalah dariku amal yang sedikit.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)