Satu-satunya Amalan di Bulan Ramadhan Bertabur Pahala

loading...
Satu-satunya Amalan di Bulan Ramadhan Bertabur Pahala
Bagi yang berpuasa di bulan Ramadhan dianjurkan untuk senantiasa membaca Al-Quran dan mentadabburinya. Foto/Ist
Di bulan suci Ramadhan ini ada satu amalan bertabur pahala bagi yang mengamalkannya. Ibadah ini mendatangkan pahala berlipat-lipat bagi yang mengamalkannya.

Amalan apakah itu? Pahala berlipat yang dimaksud tidaklah ditemukan kecuali dengan membaca Kalamullah, Al-Qur'an yang mulia. Inilah kabar gembira bagi umat Islam yang ingin mendulang pahala di bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: 8 Sunnah-sunnah Puasa Ramadhan, Yuk Kita Amalkan!

Kaum muslim cukup membuka mushaf Qur'an atau membuka aplikasi Qur'an lewat Hp atau Gadget, kita dapat meraih pahala berlipat ganda. Ya, membaca Al-Qur'an atau disebut juga dengan tilawah.

"Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur'an), maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan 'Alif Lam Mim' itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." Demikian sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم sebagaimana diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi.



Mari kita berhitung sejenak! Al-Qur'an terdiri dari 114 Surah, 30 Juz dan 6.236 Ayat menurut riwayat Hafsh; 6.262 Ayat menurut riwayat Ad-Dur; dan 6.214 Ayat menurut riwayat Warsy. Imam As-Syafi'i mencatat ada 1.027.000 huruf (satu juta dua puluh tujuh ribu) dalam Al-Qur'an.

Jika 1 huruf diganjar 10 kebaikan, berapa banyak pahala yang kita dapat jika khatam Qur'an di bulan ini? Jika total huruf Al-Qur'an berjumlah 1.027.000 huruf, mari kita hitung 1.027.000 huruf dikali 10, berapa banyak pahala yang kita dapat?

Allah benar-benar Maha Pengasih. Kita boleh sibuk dan mengabaikan Al-Qur'an selama 11 bulan, tetapi Allah masih memberi kita kesempatan di bulan ini. Allah tidak ingin hati kita kosong dari Al-Qur'an.

Bahkan, tambahan sepuluh kali lipat yang dijanjikan-Nya adalah yang terendah, karena Allah melipatgandakan pahala dengan sekehendak-Nya:

والله يضاعف لمن يشاءُ....

"...Allah menggandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki..." (QS Al-Baqarah: 261)

Jika membaca "Alif Lam Mim" dapat 30 kebaikan. Bagaimana dengan membaca 1 halaman atau satu surah pendek dari Al-Qur'an? Subhanallah, Allah benar-benar Maha penyayang. Begitu pun Allah menjanjikan pahala dan Surga, kita tetap saja sibuk dengan urusan dunia.

Bagi yang puasa Ramadhan sangat dianjurkan untuk menghidupkan Al-Qur'an. Dasarnya adalah hadis shahih berikut: "Jibril 'alaihissalam mendatangi Rasulullah صلى الله عليه وسلم pada tiap malam bulan Ramadhan dan mengajarkannya Al-Qur'an." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Semoga Allah mencurahkan hidayah dan taufik-Nya kepada kita semua agar dimudahkan membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya. Allahumma Aaamiin!

Baca Juga: Tips Agar Khatam Qur'an 3 Kali Selama Ramadhan
(rhs)
cover top ayah
تَعۡرُجُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ وَ الرُّوۡحُ اِلَيۡهِ فِىۡ يَوۡمٍ كَانَ مِقۡدَارُهٗ خَمۡسِيۡنَ اَلۡفَ سَنَةٍ‌ۚ‏
Para malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan, dalam sehari setara dengan lima puluh ribu tahun.

(QS. Al-Ma'arij:4)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!