Begini Hukum Musafir yang Memaksa Menggauli Istri di Siang Ramadhan

Selasa, 05 April 2022 - 05:15 WIB
loading...
Begini Hukum Musafir yang Memaksa Menggauli Istri di Siang Ramadhan
Seorang suami (musafir yang memaksa menyetubuhi istrinya tidak ada kaffarah pada sang istri, dan tidak ada pula kaffarah bagi suaminya. Foto/lustrasi/ist
A A A
Seorang suami melakukan perjalanan pendek, perjalanan itu dilakukan di bulan Ramadhan, maka ia pun tidak berpuasa. Ia tiba di rumah pada siang hari Ramadhan. Ia ingin menggauli istrinya dengan atau tanpa ridha sang istri, padahal istrinya tengah berpuasa. Bagaimana hukum perbuatan suami seperti itu, dan bagaimana pula hukum istrinya jika melayani suaminya dengan ridha atau dengan paksaan?



Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dalam buku Al-Fatawa Al-Jami’ah lil Mar’atil Muslimah mengatakan dalam masalah ini ada perbedaan pendapat di antara kalangan ulama.

Ada yang berpendapat bahwa seorang musafir jika ia telah sampai di kampung halamannya dalam keadaan tidak berpuasa maka ia harus imsak (menahan dari yang membatalkan) sebagai penghormatan terhadap hari itu, walaupun puasanya itu tidak dihitung karena ia diharuskan mengqadha puasa pada hari itu.

Sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa seorang musafir jika telah sampai di kampung halamannya dalam keadaan tidak berpuasa, maka tidak diharuskan baginya untuk berpuasa dan boleh baginya untuk makan pada sisa hari itu.

“Kedua pendapat ini diriwayatkan dari Imam Ahmad,” jelas Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin.

Pendapat yang paling benar di antara kedua pendapat ini, menurutnya, adalah tidak diwajibkan baginya untuk berpuasa pada sisa hari itu. Soalnya, jika ia berpuasa pada sisa hari itu maka puasanya tidak mendatangkan faedah apapun. Waktu tersebut bagi musafir itu bukan waktu yang harus dihormati. Pada hari itu dibolehkan baginya untuk makan dan minum sejak permulaan hari. “Sedangkan puasa sebagaimana yang telah kita ketahui, adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari,” katanya.

Karena itu, diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud Radhiallahu ‘anhu bahwa ia berkata : “Barangsiapa yang makan di permulaan hari maka hendakanya ia makan di akhir hari, karena siang hari baginya tidak terhormat (karena tidak berpuasa)”.



Berdasarkan ungkapan ini maka musafir yang sampai ke tempatnya dalam keadaan tidak berpuasa dibolehkan baginya untuk makan dan minum pada sisa hari itu.

“Adapun bersetubuh, tidak boleh baginya menyetubuhi istrinya yang sedang menjalankan puasa fardhu, karena hal itu akan merusak puasanya,”ujar Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. “Namun jika sang suami memaksa menyetubuhinya, maka ia tidak ada kaffarah pada sang istri, dan tidak ada pula kaffarah bagi suaminya karena tidak diwajibkan baginya berpuasa sebab ia tiba di kampung halamannya dalam keadaan sedang tidak berpuasa,” jelasnya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5823 seconds (0.1#10.140)