Terlambat Sholat Qabliyah Subuh, Apakah Bisa Diqadha?

Minggu, 25 April 2021 - 03:20 WIB
loading...
Terlambat Sholat Qabliyah Subuh, Apakah Bisa Diqadha?
Sholat sunnah yang keutamaannya lebih baik dari dunia dan seisinya ialah sholat sunnah qabliyah shubuh (sunnah fajar). Foto/Ist
A A A
Sholat Qabliyah Subuh (dua rakaat Fajar) adalah sholat sunnah yang sangat ditekankan oleh Nabi Muhammad shallalahu 'alaihi wasallam. Sholat yang satu ini disebut sebagai amalan yang lebih baik dari dunia dan seisinya.

Dari Aisyah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah tidak pernah sangat kuat melaksanakan sholat sunnah melebihi dua rakaat Fajar (Qabliyah Shubuh)”. (HR Al-Bukhari dan Muslim)



Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melaksanakan dua rakaat Qabliyah Subuh apabila telah mendengar Adzan, beliau melaksanakannya ringan (pendek). (HR Muslim)

Bagaimana jika terlambat melaksanakan Sholat Qabliyah Shubuh? Seperti diketahui pada bulan Ramadhan hampir semua masjid selalu dipenuhi umat muslim termasuk untuk melaksanakan Sholat Subuh.

Apabila terlambat melaksanakan sholat sunnah Qabliyah Subuh, bolehkah diqadha? Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam Buku 77 Tanya Jawab Seputar Shalat mengatakan, sholat Fajar disebut juga Sholat Subuh, tidak ada perbedaan antara keduanya.

Dua rakaat yang diwajibkan, dimulai dari terbit fajar shadiq hingga terbit matahari. Sholat sunnah Qabliyyah dua rakaat disebut juga Sunnah Fajar.

Kata UAS, Qadha Qabliyah Shubuh setelah sholat Shubuh hukumnya boleh menurut pendapat yang kuat (rajih). Tidak bertentangan dengan hadis larangan melaksanakan sholat setelah sholat Shubuh.

Sebab yang dilarang adalah sholat yang tidak ada sebabnya. Akan tetapi jika qadha, sunnah fajar itu ditunda pelaksanaannya hingga waktu Dhuha, tidak khawatir terlupa, atau sibuk, maka itu lebih baik.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)