Ramadhan Momentum Menuai Derajat Taqwa

loading...
Ramadhan Momentum Menuai Derajat Taqwa
Ramadhan Momentum Menuai Derajat Taqwa/Dompet Dhuafa
Ramadhan momentum menuai derajat Taqwa. Ketika kita mendengar kata Ramadhan, bagi orang-orang yang meyakini adanya kemuliaan serta adanya Allah SWT yang akan memberi keistimewaan, mereka akan merasakan kebahagiaan menyambut bulan suci Ramadhan. Menyambut bulan suci Ramadhan telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan kita mengharap keberkahan serta banyaknya kebahagiaan di bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: Zakat Fitrah dan Syarat-syarat Penerimanya

Bagi umat muslim yang pernah ke timur tengah seperti Arab Saudi, Qatar, Mesir pasti akan merasakan gegap gempita umat muslim dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan yang penuh dengan keberkahan dan kemuliaan. Bulan puasa adalah bulan bulan penuh ibadah, bulan yang memperbanyak koneksitas kita dengan Allah SWT. Momentum Ramadhan adalah momentum kita sebagai hamba Allah untuk menjadikan karakter kita menjadi lebih sempurna di mata Allah SWT. Salah satunya adalah mendapatkan raihan ketakwaan di mata Allah SWT.

Dalam Q.S Al-Baqarah ayat 183 Allah SWT berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ



Artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Sahabat muslim yang berbahagia, ibadah puasa bukan hanya ibadah yang diwajibkan bagi umat Nabi Muhammad SAW saja. Jika kita melihat referensi dari sirah-sirah nabawi dan sejarah bahwa yang pertamakali menjalankan puasa adalah Nabi Nuh A.S bersama para umatnya sebagai tanda syukur atas keselamatan yang Allah SWT berikan kepada umat yang durhaka kepada Nabi Nuh A.S. berupa musibah banjir bandang. Selanjutkan diamalkan oleh Nabi Daud dengan puasa lalu besoknya tidak yang terkenal dengan puasa Nabi Daud. Sebagaimana Rasulullah SAW menyampaikan “Sebaik-baiknya puasa adalah puasa Nabi Daud”.

Baca Juga: Rasulullah Teladan Umat

Di mata Allah SWT semua manusia itu sama, walaupun berbeda warna kulit, suku bangsa, dan lain-lain. Karena Allah SWT menciptakan manusia baik itu laki-laki maupun perempuan, dengan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, yang mulia diantara manusia dinilai dari ketakwaan terhadap Allah SWT.

Oleh karena itu momentum bulan suci Ramadhan adalah momentum memperbaiki diri kita, memperbaiki hubungan kita dengan Allah SWT dan memperbaiki derajat takwa kita di mata Nya. Oleh karena itu, mari kita perbaiki akhlak kita dan perbaiki amal ibadah kita di bulan suci Ramadhan sehingga Allah SWT mengangkat derajat kita dan menjadi manusia yang bertakwa kepada Allah SWT.

Ustaz H. Ahmad Fauzi Qasim
Sekretaris DPS Dompet Dhuafa
(aww)
cover top ayah
وَلَوۡ اَنَّ اَهۡلَ الۡقُرٰٓى اٰمَنُوۡا وَاتَّقَوۡا لَـفَتَحۡنَا عَلَيۡهِمۡ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَآءِ وَالۡاَرۡضِ وَلٰـكِنۡ كَذَّبُوۡا فَاَخَذۡنٰهُمۡ بِمَا كَانُوۡا يَكۡسِبُوۡنَ‏
Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan ayat-ayat Kami, maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

(QS. Al-A’raf:96)
cover bottom ayah
preload video