Sedekah Untuk Apa Sih? Ini Dia Keistimewaannya

loading...
Sedekah Untuk Apa Sih? Ini Dia Keistimewaannya
Sedekah Untuk Apa Sih? Ini Dia Keistimewaannya
Sesungguhnya di antara amalan yang dicintai Allah SWT adalah amalan sedekah . Karena orang yang benar keimanannya mau untuk bersedekah serta tanpa harus menunggu harta nya banyak terlebih dahulu. Tanda benar nya iman seseorang adalah mau untuk bersedekah, bahkan jika seseorang itu bersyukur, selain dengan sholat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, seseorang juga pasti akan bersedekah.

Baca Juga: Hukum Tidur setelah Sholat Subuh Menurut Perspektif Islam

Orang-orang setelah habis masa kehidupannya, lalu apa yang mereka sesalkan ketika sudah wafat? Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Munafiqun ayat 9-11 :

يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللّٰهِ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذٰلِكَ فَأُولٰئِكَ هُمُ الْخٰسِرُوْنَ ٩وَأَنْفِقُوْا مِنْ مَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ أَنْ يَّأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُوْلَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِيْ إِلٰى أَجَلٍ قَرِيْبٍ ۚ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ١٠

وَلَنْ يُّؤَخِّرَ اللّٰهُ نَفْسًا إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا ۗ وَاللّٰهُ خَبِيْرٌ بِمَا تَعْمَلُوْنَ ؑ١١



Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barang siapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang rugi. Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu, lalu dia berkata (menyesali), "Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh."Dan Allah tidak akan menunda (kematian) seseorang apabila waktu kematiannya telah datang. Dan Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Dalam ayat tersebut menceritakan mengenai orang-orang yang menyesal ketika hidup tidak mau bersedekah. Itulah betapa dahsyatnya mengenai keistimewaan amalan bersedekah. Bahkan seorang nenek yang sudah dikuburkan selama 20 tahun, sempat ditayangkan pada tayangan televisi dan berada wilayah Jawa Tengah, ternyata jasadnya masih utuh.

Baca Juga: Ramadhan Akan Segera Pergi, Ini 10 Keutamaan Lapar Yang Jarang Diketahui

Amalan apa selama hidup yang telah beliau buat? Tenyata semasa hidupnya beliau sering bersedekah dan tidak pernah berhenti bersedekah ketika pulang berjualan dari pasar kepada yang membutuhkan (fakir,miskin,dhuafa,yatim, dan piatu). Maka janganlah tinggalkan sedekah, tiada hari tanpa bersedekah. Berapapun yang kalian sedekahkan asal istiqomah, karena amal yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah amalan yang terus menerus walaupun sedikit.

Sedekah juga bisa menjadi cara untuk menyembuhkan penyakit-penyakit kita. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Sembuhkan penyakitmu dari sedekah”. Sedekah juga dapat menolak bala. Jika ada kesempitan atau kesulitan yang akan menimpa kita, maka sedekah dapat menolaknya. Tumbuh bersama sedekah, kita akan menjadi manusia mulia di dunia dan di akhirat.

Ustaz Zuni
Dompet Dhuafa
(aww)
cover top ayah
وَاِذَاۤ اَنۡعَمۡنَا عَلَى الۡاِنۡسَانِ اَعۡرَضَ وَنَاٰ بِجَانِبِهٖ‌ۚ وَاِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ فَذُوۡ دُعَآءٍ عَرِيۡضٍ
Dan apabila Kami berikan nikmat kepada manusia, dia berpaling dan menjauhkan diri dengan sombong, tetapi apabila ditimpa malapetaka, ia banyak berdoa.

(QS. Fussilat:51)
cover bottom ayah
preload video