Nama Bayi Perempuan Menurut Islam dan Al-Qur'an

loading...
Nama Bayi Perempuan Menurut Islam dan Al-Quran
Banyak kata-kata dalam Al-quran yang bisa menjadi inspirasi nama bayi perempuan, selain cantik juga memiliki makna yang baik. Foto ilustrasi/ist
Inspirasi nama bayi perempuan menurut Islam dan Al-Qur'an, bisa kita ambil untuk buah hati kita yang baru lahir. Banyak kata dalam Al-Qur'an yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan.

Dalam Islam, memberikan nama juga telah ditetapkan sesuai syariat serta anjuran Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam. Setiap pasangan suami-istri disarankan memilih nama yang bukan hanya bagus, tetapi juga mengandung doa yang baik untuk anak. Karena, terkadang nama-nama yang diambil sangat indah baik diucapkan ataupun ditulis. Akan tetapi bila tidak mengetahui makna dan artinya, malah menjadi bumerang bagi si anak. Karena itu, hendaknya kita menghindari hal-hal sebagai berikut:

Baca juga: Rumah Tangga, Tempat Awal Iblis Merusak Masyarakat

1. Nama dengan makna negatif

Orang-orang yang belum memahami bahasa Arab dan tak mengulik arti dari kata yang mereka temukan berisiko menggunakan nama dengan makna negatif. Beberapa nama yang sebaiknya dihindari untuk anak mencakup harb, hayyah, kalb, dan jahsy.
Apabila diartikan, harb merupakan perang, hayyah dapat berarti ular, kalb memiliki arti anjing, sedangkan jahsy berarti kasar. Oleh karena itu para orangtua perlu memeriksa kamus terlebih dulu sebelum menentukan nama untuk si bayi.

2. Nama dicatut dari tokoh yang zalim

Tokoh-tokoh besar sering kali dijadikan acuan orang tua untuk menamai sang buah hati. Namun, seperti poin sebelumnya, tanpa melakukan riset , orang tua berisiko menggunakan nama tokoh-tokoh yang dikenal zalim pada masanya.

3. Nama berhubungan dengan syahwat

Risiko ini memang lebih sering terjadi pada penamaan anak perempuan, tetapi tak ada salahnya diwaspadai. Sekilas, nama-nama yang berkaitan dengan syahwat terdengar indah. Sayangnya, nama tersebut kurang dianjurkan dalam Islam. Sebagai contoh, ada ahlaam yang merujuk pada impian dan ariij yang berparti wangi. Sementara nama-nama anak perempuan ada yang lebih menjejak seperti ghaadah yang dapat diartikan sebagai gadis lembut dan syaadiah yang bermakna seorang biduanita.

Baca juga: Surat Penenang Hati yang Terdapat dalam Al-Qur'an
halaman ke-1
cover top ayah
وَاتَّخَذُوۡا مِنۡ دُوۡنِهٖۤ اٰلِهَةً لَّا يَخۡلُقُوۡنَ شَيۡـًٔـا وَّهُمۡ يُخۡلَقُوۡنَ وَلَا يَمۡلِكُوۡنَ لِاَنۡفُسِهِمۡ ضَرًّا وَّلَا نَفۡعًا وَّلَا يَمۡلِكُوۡنَ مَوۡتًا وَّلَا حَيٰوةً وَّلَا نُشُوۡرًا‏
Namun mereka mengambil tuhan-tuhan selain Allah untuk disembah, padahal mereka tuhan-tuhan itu tidak menciptakan apa pun, bahkan mereka sendiri diciptakan oleh manusia, dan tidak kuasa untuk menolak bahaya terhadap dirinya dan tidak dapat mendatangkan manfaat serta tidak kuasa mematikan, menghidupkan, dan tidak pula membangkitkan.

(QS. Al-Furqan:3)
cover bottom ayah
preload video