Ada Keutamaan Besar di Shalat Qabliyah Ashar. Yuk, Amalkan!

loading...
Ada Keutamaan Besar di Shalat Qabliyah Ashar. Yuk, Amalkan!
Salah satu hadis menyebutkan barang siapa yang mengerjakan shalat sunnah empat rakaat sebelum shalat ashar, maka niscaya Allah mengharamkan tubuhnya disentuh api neraka. ". Foto ilustrasi/ist
Salah satu dari shalat sunnah rawatib (sahalt sunnah yang mengiringi shalalat wajib) adalah shalat sunnah sebelum Ashar (qabliyyah Ashar). Pelaksanaannya, sebelum shalat Ashar berjumlah empat rakaat. Kesunnahan melaksanakan qabliyah ashar ini juga memiliki keutamaan bagi yang melakuannya.

Baca juga: Mengenal 7 Pintu Neraka yang Mengerikan

Beberapa hadis Nabi menyebutksan tentang keutamaan melaksanakan shalat sunnah sebelum Ashar. Pertama, hadis yang menyebutkan bahwa shalat sunnah sebelum Ashar akan mendapatkan rahmat bagi sang pelaku. Sesuai hadis yang Nabi Shallallahu alaihi wa sallam sabdakan:

عن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وآله وسلم قال: رحم الله امرءا صلّى قبل العصر أربعا (رواه الترمذي)

" Dari Ibnu Umar R.a, dari Nabi Saw bersabda: Allah menyayangi seseorang yang shalat empat rakaat sebelum Ashar (HR. At-Tirmizi)

Baca juga: Anak Perempuan Penghalang dari Api Neraka

Dalam hadis lain disebutkan, seseorang yang melakukan shalat sunnah qabliyyah Ashar akan terhindar dari siksa neraka . Dari Ummu Salamah, dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang shalat empat rakaat sebelum Ashar maka Allah haramkan tubuhnya dari neraka. (HR. at-Tabrani)

Dalam riwayat Thabrani ini disebutkan barang siapa yang mengerjakan shalat sunnah empat rakaat sebelum shalat ashar, maka niscaya Allah mengharamkan tubuhnya disentuh api neraka.

Baca juga: Berbuat Baik Kepada Binatang
halaman ke-1
cover top ayah
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنۡۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهٖ يَحۡفَظُوۡنَهٗ مِنۡ اَمۡرِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ‌ؕ وَاِذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوۡمٍ سُوۡۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ‌ۚ وَمَا لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra’d:11)
cover bottom ayah
preload video