Ada Keutamaan Besar di Shalat Qabliyah Ashar. Yuk, Amalkan!

Jum'at, 18 Juni 2021 - 15:02 WIB
loading...
Ada Keutamaan Besar di Shalat Qabliyah Ashar. Yuk, Amalkan!
Salah satu hadis menyebutkan barang siapa yang mengerjakan shalat sunnah empat rakaat sebelum shalat ashar, maka niscaya Allah mengharamkan tubuhnya disentuh api neraka. . Foto ilustrasi/ist
A A A
Salah satu dari shalat sunnah rawatib (sahalt sunnah yang mengiringi shalalat wajib) adalah shalat sunnah sebelum Ashar (qabliyyah Ashar). Pelaksanaannya, sebelum shalat Ashar berjumlah empat rakaat. Kesunnahan melaksanakan qabliyah ashar ini juga memiliki keutamaan bagi yang melakuannya.



Beberapa hadis Nabi menyebutksan tentang keutamaan melaksanakan shalat sunnah sebelum Ashar. Pertama, hadis yang menyebutkan bahwa shalat sunnah sebelum Ashar akan mendapatkan rahmat bagi sang pelaku. Sesuai hadis yang Nabi Shallallahu alaihi wa sallam sabdakan:

عن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وآله وسلم قال: رحم الله امرءا صلّى قبل العصر أربعا (رواه الترمذي)

" Dari Ibnu Umar R.a, dari Nabi Saw bersabda: Allah menyayangi seseorang yang shalat empat rakaat sebelum Ashar (HR. At-Tirmizi)



Dalam hadis lain disebutkan, seseorang yang melakukan shalat sunnah qabliyyah Ashar akan terhindar dari siksa neraka . Dari Ummu Salamah, dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang shalat empat rakaat sebelum Ashar maka Allah haramkan tubuhnya dari neraka. (HR. at-Tabrani)

Dalam riwayat Thabrani ini disebutkan barang siapa yang mengerjakan shalat sunnah empat rakaat sebelum shalat ashar, maka niscaya Allah mengharamkan tubuhnya disentuh api neraka.



Imam Kholil ar-Rasyidi mengambil dari kitab' Al-Mutjar ar-Rabih' disebutkan dalam hadis Imam Muslim, "Tidaklah seorang hamba mengerjakan shalat (rawatib) 12 rakaat hanya karena Allah dalam setiap harinya, melainkan Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga."

Namun, dalam riwayat lain, shalat 12 rakaat tadi adalah empat rakaat sebelum shalat zuhur dan dua rakaat setelah shalat zuhur. "Dua rakaat sesudah shalat maghrib dan isya dan dua rakaat sebelum sholat subuh,” (HR at-Tirmidzi).



Selain itu, ada beberapa hadis lainnya yang mengatakan keutamaan shalat sunnah sebelum Ashar. Ulama fikih sepakat bahwa shalat empat rakaat sebelum Ashar adalah sunnah. Adapun pelaksanannya dengan melakukannya sebanyak dua kali salam, yaitu dipisah dengan melaksanakannya dua rakaat sekali.

Niat melaksanakan shalat sunnah sebelum Ashar (qabliyyah Ashar) adalah sebagai berikut:



أُصّلٍّي سُنّةَ قَبْيلِىة العصر ركعتين مستَقْبِلَ القِبْلَلةِ أّدّأء لله تعالى

USHALLI SUNNATA QABLIYYATAL ASHRI RAK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADA`AN LILLAAHITA’ALA.

Artinya: aku niat shalat sunnah qabliyyah Ashar dua rakaat menghadap kiblat karena Allah.

Demikian beberapa keterangan tentang kesunnaan shalat empat rakaat sebelum Ashar dan keutamaannya.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2633 seconds (0.1#10.140)