Amalan Sholawat Agar Mimpi Bertemu Nabi Muhammad

Kamis, 15 Juli 2021 - 17:39 WIB
loading...
Amalan Sholawat Agar Mimpi Bertemu Nabi Muhammad
Salah satu kenikmatan bagi seorang mukmin adalah bermimpi bertemu dengan Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Foto/dok SINDOnews
A A A
Mimpi bertemu Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah karunia besar sebagaimana dijelaskan dalam shahih Al-Bukhari Muslim. Agar bisa bermimpi bertemu Rasulullah SAW ada baiknya mengamalkan sholawat berikut.

Dari Abu Hurairah radliyallahu 'anhu, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa melihatku di dalam mimpi niscaya ia akan bertemu denganku dalam keadaan terjaga dan setan tidak dapat menyerupaiku." (HR Al-Bukhari dan Muslim)



Sayyid Muhammad Bin Alawi Al-Maliki Al-Hasani dalam Kitab Dzakhair Muhammadiyah menyebutkan beberapa bacaan Sholawat Ma'tsur bagi yang ingin berjumpa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:

Imam Al-Ghazali dalam Ihya' menceritakan dari sebagian kalangan Al-Arif Al-Mursi radliyallah 'anhu bahwasanya siapa yang merutinkan sholawat ini, yaitu: "Ya Allah, karuniakanlah sholawat kepada penghulu kami Muhammad hamba, Nabi, dan Rasul Engkau, An-Nabi Al-Ummi, dan kepada keluarganya dan para sahabatnya, dan karuniakan pula salam kesejahteraan," sehari semalam 500 kali, maka dia tidak akan meninggal hingga ia bertemu dengan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam keadaan terjaga."

Diceritakan dari Imam Yafii dalam Kitabnya Bustanul Fuqara bahwasanya Nabi bersabda: "Barangsiapa bersholawat kepadaku pada hari Jumat 1000 kali dengan Sholawat ini, yaitu:

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ

Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad an-Nabi Al-Ummi.

Maka dia akan melihat Tuhannya pada malamnya, atau melihat Nabinya, atau melihat tempatnya di surga. Jika tidak (belum) melihat, maka hendaklah dia melakukan hal itu dalam dua Jumat, atau tiga atau lima (Jumat). Dalam riwayat lain ada tambahan: "Wa 'Ala Alihi wa Shohbihi wasallim."

Dalam Kitab Al-Ghunyah karya Al-Quthb Sayyid Abdul Qadir Al-Jilani ada sebuah hadits dari A'raj dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa sholat dua rakaat pada malam Jumat, setiap rakaat membaca Surat Al-Fatihah dan Ayat Kursi sekali serta 15 kali Surat Al-Ikhlas, dan di akhir sholat membaca Sholawat berikut seribu kali: "Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad an-Nabi Al-Ummi", Maka dia akan melihatku dalam tidur, dan tidak sempurna Jumat berikutnya kecuali ia telah melihatku, dan barangsiapa melihatku, maka baginya surga, dan diampuni baginya dosa masa lalu dan masa akan datang."

Demikian amalan Sholawat agar dapat bermimpi bertemu Baginda Nabi Muhammad. Mudah-mudahan Allah berkenan mengizinkan kita bertemu dengan kekasih-Nya. Aamiin.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)