Yang Membatalkan Shalat, Perkara yang Wajib Diketahui Seorang Muslim

loading...
Yang Membatalkan Shalat, Perkara yang Wajib Diketahui Seorang Muslim
ilustrasi. Foto istimewa
Yang membatalkan shalat adalah perkara-perkara yang apabila hal tersebut ada, maka akan batal shalat seseorang. Perkara atau hal yang membatalkan shalat ini, wajib diketahui setiap muslim dan muslimah agar menghindarinya karena dapat membatalkan shalat.

Baca juga: Sedekah Subuh dan Keistimewaannya

Dalam sehari semalam, seorang muslim melaksanakan shalat wajib sebanyak lima waktu. Belum ditambah, shalat-shalat sunnah yang pahalanya juga luar biasa. Dalam melaksanakan shalat, ada rukun shalat yang wajib dilaksanakan, jika meninggalkan rukun shalat tersebut maka menjadi tidak sah. Selain itu, apabila seseorang melakukan shalat kemudian menolehkan kepala atau pandangannya secara sengaja, maka shalatnya menjadi batal.

Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari : “Perbuatan itu adalah barang rampasan yang dirampas setan dari sholat seorang hamba.” (HR. Bukhari)

Baca juga: Ayat Seribu Dinar : Surat At-Thalaq dan Keutamaannya

Ada juga hal-hal yang dapat membatalkan shalat. Dikutip dari 'Fiqih Wanita Edisi Lengkap' Karya Syaikh Kamil Muhammad Uwaidah, dijelaskan ada beberapa hal yang dapat membatalkan shalat ini, yaitu :

1. Berbicara dengan sengaja

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Muawiyah bin Hakam As-Sulami radhiyallahu'anhu, bahwasannya Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda.

Baca juga: Baca Al Waqiah Setiap Hari Dijauhkan dari Kemiskinan

“إِنَّ هَذِهِ الصَّلاَةَ لاَ يَصْلُحُ فِيهَا شَىْءٌ مِنْ كَلاَمِ النَّاسِ إِنَّمَا هُوَ التَّسْبِيحُ وَالتَّكْبِيرُ وَقِرَاءَةُ الْقُرْآنِ”. رواه مسلم.

"Sungguh shalat ini tidak pantas di dalamnya terdapat sesuatu dari perkataan manusia. Perkataan yang pantas hanyalah tasbih, takbir dan bacaan Al-Qur’an. (HR. Muslim)

2. Tertawa terbahak-bahak dalam shalat

Di dalam kitab Al-Fiqh Al-Manhaji Ala Madzhab Al-Imam Asy-Syafii disebutkan bahwa tertawanya sampai seperti mengeluarkan dua huruf secara jelas meskipun tidak memahamkan. Adapun jika tertawanya sedikit yang tidak terdengar kecuali satu huruf saja, atau tidak terdengar hurufnya maka tidak batal. Begitu pula dengan tersenyum tidak membatalkan shalat.

Baca juga: Daftar Prank di Berbagai Era Presiden, dari Zaman Sukarno hingga Jokowi

3. Makan atau minum secara sengaja

4. Melakukana terlalu banyak gerakan

5. Tidak menghadap ke arah kiblat dengan sengaja

6. Batalnya wudhu

Baca juga: Varian Delta Meletus, China Akui Lebih Ganas dari COVID-19 Wuhan

7. Mengingat shalat yang belum dikerjakan
halaman ke-1
cover top ayah
اَوَاَمِنَ اَهۡلُ الۡقُرٰٓى اَنۡ يَّاۡتِيَهُمۡ بَاۡسُنَا ضُحًى وَّهُمۡ يَلۡعَبُوۡنَ
Atau apakah penduduk negeri itu merasa aman dari siksaan Kami yang datang pada pagi hari ketika mereka sedang bermain?

(QS. Al-A’raf:98)
cover bottom ayah
preload video