Kesabaran Tak Berbatas, Kisah Nabi Ayyub Ketika Diuji Iblis

Rabu, 15 September 2021 - 21:29 WIB
loading...
A A A
Iblis segera berangkat untuk menggoda Nabi Ayyub. Sesampai ke tempat yang dituju, ternyata Beliau sedang bersujud. Iblis datang dari arah kepala Beliau, lalu meniup kedua lubang hidungnya dengan sekali tiup.

Seketika itu, badan Nabi Ayyub terasa gatal-gatal. Makin lama terasa semakin gatal. Nabi Ayyub menggaruk-garuk bagian-bagian tubuh yang gatal dengan ujung jemarinya. Tetapi penyakit gatal-gatal tak kunjung hilang.

Nabi Ayyub mencoba menggaruk-garuknya dengan kain kasar. Belum juga hilang gatal-gatal itu. Lalu menggunakan pecahan batu. Beliau tidak henti-hentinya menggaruk badannya hingga melepuh, sehingga bernanah dan berbau busuk. Masyarakat sekitarnya menganggap penyakit itu berbahaya sehingga mereka sepakat mengasingkan Nabi Ayyub ke luar daerah.

Beliau terusir ke tempat yang kotor. Mereka membuatkan untuk Beliau sebuah gubuk yang hanya ditemani istrinya bernama Rahmah binti Efraim bin Yusuf bin Ya'qub. Meskipun demikian istri beliau tetap setia melayaninya. Rahmah berbuat baik kepadanya dan memperlakukan suaminya penuh kasih sayang. Kebutuhan makan dan minumnya selalu diperhatikan.

Kaum Nabi Ayyub yang memindahkan beliau terdiri dari tiga golongan. Namun begitu semuanya masih tetap dalam keimanan semula. Mereka tidak meninggalkan agamanya.

Nabi Ayyub pun terus bersabar menghadapi cobaan itu. Sampai pada suatu hari beliau berdoa kepada Allah.

وَاَيُّوۡبَ اِذۡ نَادٰى رَبَّهٗۤ اَنِّىۡ مَسَّنِىَ الضُّرُّ وَاَنۡتَ اَرۡحَمُ الرّٰحِمِيۡنَ‌

"Dan (ingatlah kisah) Ayyub, ketika ia menyeru Tuhannya: "(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang". (QS. Al Anbiya': 83)

Doa beliau dikabulkan Allah dan beliau kembali seperti sedia kala, sehat dan kaya raya. Bahkan wajahnya lebih muda dan rupawan hingga tidak dikenali istri beliau.

Nabi Ayyub juga dikaruniai lagi istri yang lebih muda dan memiliki 26 anak laki-laki. Ada yang mengatakan beliau memiliki sembilan puteri dan tiga putera. Ibnu Yasar menyatakan bahwa anak beliau adalah tujuh putera dan tujuh puteri. (Tafsir Al-Baghawi, 17: 185)

Syekh As-Sa'di mengatakan keluarga dan hartanya dikembalikan. Bahkan Allah memberi Nabi Ayyub harta yang lebih banyak lagi.

Demikian kisah Nabi Ayyub ketika menghadapi gangguan Iblis. Beliau adalah sosok teladan dalam menghadapi ujian. Allah menjadikan Nabi Ayyub sebagai hujjah bagi orang-orang yang mendapat ujian.

Dalam satu hadis disebutkan, "Barangsiapa bersabar atas keburukan kelakuan istrinya maka Allah akan memberi pahala kepadanya seperti pahala yang pernah diberikan Allah kepada Nabi Ayyub atas cobaan yang diterimanya. Dan barangsiapa bersabar atas keburukan suaminya maka Allah memberi pahala kepadanya seperti pahala yang pernah diberikan kepada Asiyah istri Fir'aun".

Wallahu A'lam

Baca Juga: Doa Nabi Ayyub Ketika Ditimpa Penyakit
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)