Kisah Nabi Daniel Dilempar ke Kandang Singa

Senin, 20 September 2021 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Umar bin al-Khattab ra segera memerintahkan Amr bin Ash untuk mengkafani kembali jenazah tadi dan meminta untuk dikuburkan di sebuah tempat yang tidak dapat dijangkau oleh orang-orang.

Amr bin Ash lalu membuatkan kuburannya lagi di kota Iskandariyah yang saat ini di atasnya dibangun sebuah masjid yang diberi nama, Masjid Nabi Daniyal.

Dalam versi cerita ulama, Danial mengabadikan gambarnya dan singa yang menemaninya itu pada permata cincin agar dia tidak lupa akan nikmat Allah atasnya (diriwayatkan oleh Ibnu Abu Dunya dengan sanad hasan).

Sampai kini, banyak negara mengaku memiliki makam Nabi Daniel. Sedikitnya ada enam lokasi yang mengaku memiliki makamnya. Tapi, hanya Allah yang tahu ke benarannya.



Versi kitab Yahudi dan Nasrani
Dalam kitab Yahudi dan Nasrani dikisahkan, fitnah yang menimpa Nabi Daniel terjadi di masa kekuasaan Parsi. Sang raja yang dekat dengan Daniel bernama Dairus. Karena mendapat tekanan dari pejabatnya, Dairus terpaksa memasukkan Daniel, penasihat kesayangannya, ke dalam lubang singa. Tapi, Darius justru terus gelisah dan terus menengok kondisi sang nabi.

Kisah Nabi Daniel terdapat dalam kitab suci Yahudi dan Nasrani yang ditulis dalam bahasa Ibrani dan Aramia dalam kitab Tanakh milik umat Yahudi, serta dalam perjanjian lama milik Nashrani.

AL-Qur'an tidak mengisahkan tentang Nabi Daniel. Hanya saja ada hadis yang membenarkan kisah tersebut.

Mengenai kisah para sahabat nabi yang menemukan kabar Nabi Daniell tersebut dikabarkan oleh Ibnu Katsir . Rujuklah kitab Story of the Prophet karya Ibnu Katsir untuk mengetahui detailnya. Wallahua’lam bish shawab.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4960 seconds (0.1#10.140)