Doa Saat Turun Hujan, Lafadz Arab, Latin dan Artinya

Rabu, 22 September 2021 - 06:00 WIB
loading...
Doa Saat Turun Hujan, Lafadz Arab, Latin dan Artinya
Saat turun hujan kita dianjurkan untuk berdoa dengan doa-doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Foto istimewa
A A A
Doa saat turun hujan dan setelahnya sangat dianjurkan diamalkan agar hujan menjadi berkah bagi manusia. Lafadz doa ketika hujan turun ini diajarkan melalui hadis Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Hadis ini diriwayatkan oleh Ummul Mukminin, Aisyah Radhiyallahu ‘Anha bahwa Rasul bersabda,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

"Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, “Allahumma shoyyiban nafi’an” Artinya: Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. (HR. Bukhari, No. 1032)



Dari hadis di atas, Nabi mengajarkan kepada kita bahwa doa saat hujan mengandung banyak makna kebaikan. Ini karena doa tersebut ditujukan untuk meminta Allah agar memberi keberkahan pada saat hujan turun. Doa ini meminta agar Allah memberi manfaat pada hujan yang diturunkan-Nya dan menghindari hujan yang mendatangkan adzab dan kemurkaan Allah.

Berikut beberapa doa ketika hujan seperti yang diajarkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam,yaitu:

1. Doa ketika hujan turun

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma Shoyyiban Naafia'an.

Artinya: "Yaa Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat". (HR. Bukhari)

2. Doa ketika hujan lebat disertai petir

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, waz-zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan." (HR. Al-Bukhari)

Baca Juga


3. Doa setelah hujan reda

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih

Artinya : "Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah."

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan 'Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih' (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), makadialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan 'Muthirna binnau kadza wa kadza' (kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang." (HR. Bukhari-Muslim)

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2606 seconds (0.1#10.140)