Keistimewaan Surat An-Naba’, Tak Sekadar Bikin Perkasa

loading...
Keistimewaan Surat An-Naba’, Tak Sekadar Bikin Perkasa
Banyak keistimewaan dalam Surat An-Nabba, salah satunya jika diamalkan bisa membuat badan bugar. (Foto/Ilustrasi: Dok. SINDOnews)
Muhammad Taqi Al-Muqaddam menyampaikan keistimewaan Surat An-Naba’ , salah satunya mereka yang mengamalkannya bisa menjadi perkasa.

Menurut dia, barangsiapa yang menulisnya di atas perkamen rusa dengan za’faron dan air mawar maka tidurnya akan sedikit dandia akan bergadang. "Dan jika diikatkan di atastangan maka yang bersangkutan akan merasakan kekuatan yang dahsyat," terangnya, dalam bukunya yang berjudul Khazanah Al-Asrar.

Baca juga: Manfaat Dahsyat Surah At-Tahrim sebagai Penyembuh

Tidak berhenti di sini. Keistimewaan surat An-Naba' lainnya adalah bisa menyembuhkan sakit perut. "Meminum air (yang dibacakan surat An-Naba' dapat) menghilangkan penyakit perut," ujarnya.

Lebih jauh lagi dalam kitab Tsawabul A’mal disebutkan Allah akan menghisab pembacanya dengan mudah.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membacanya (Surat An-Naba') dan menghafalnya, maka hisabnya di hari kiamat hanya sekitar salat satu (rakaat). Dan barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya, maka kutu tidak dapat mendekatinya, ia juga memperoleh kekuatan dan kehebatan yang besar.”

Keutamaan
Surah An-Naba' adalah surat ke-78 dalam Al-Quran. Surat ini terdiri dari 40 ayat, dan termasuk dalam kelompok surat Makiyyah atau surat yang diturunkan pada periode dakwah di Makkah. Surat ini dinamai An-Naba', yang bermakna 'berita besar', diambil dari perkataan An-Naba' yang terdapat pada ayat 2 surat ini.

Di dalam surat ini, Allah mewahyukan tentang Hari Kebangkitan (kiamat), kabar gembira bagi orang-orang yang beriman, dan ancaman bagi orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah.

Pada dasarnya, membaca ayat Al-Quran akan mendapatkan pahala kebaikan dari Allah SWT. Demikian pula dengan membaca surat An-Naba'.

Surat An-Naba' memiliki beberapa keutamaan. Karena itu, dianjurkan untuk membaca surat ini setiap hari.

Baca juga: Surah Ghafir Atau Al-Mu'min: Bikin Dagangan Laris dan Penyembuh Penyakit

Syaikh Abbas Al-Qummi, dalam buku berjudul "Mafatih al-Jinan; Kunci-kunci Syurga" menyebutkan bahwa Imam Ja'far Shadiq berkata, "Barang siapa membaca surah 'Amma Yatasa'alun (An-Naba’) setiap hari, maka dia tidak akan keluar dari tahun itu kecuali dia telah berziarah ke Baitullah, Makkah."

Selain keutamaan itu, membaca surah An-Naba' akan dilimpahi kenikmatan di hari kiamat. Seperti diriwayatkan Syekh Thabarsi, dari Ubay bin Ka'ab di dalam Majma' al-Bayan-nya, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa membaca surah 'amma yatasa'alun, Allah akan memberinya minuman yang sejuk di hari kiamat."

Baca juga: Surat Ali Imran Ayat 38: Nabi Zakariya dan Doa Mohon Anak yang Saleh
(mhy)
cover top ayah
اِنۡ تَجۡتَنِبُوۡا كَبٰٓٮِٕرَ مَا تُنۡهَوۡنَ عَنۡهُ نُكَفِّرۡ عَنۡكُمۡ سَيِّاٰتِكُمۡ وَنُدۡخِلۡـكُمۡ مُّدۡخَلًا كَرِيۡمًا
Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu dan akan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).

(QS. An-Nisa:31)
cover bottom ayah
preload video