Mengucap Salam, Amalan Ringan yang Memiliki Banyak Keutamaan

Senin, 01 November 2021 - 18:31 WIB
loading...
A A A
Dari Anas ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda kepadaku, "Wahai anakku, apabila engkau memasuki rumah keluargamu, maka ucapkanlah salam, niscaya itu akan menjadi bagi engkau dan keluargamu."

7. Memberikan rasa dengki bagi orang-orang Yahudi dan orang-orang yang dimurkai Allah.
Berdasarkan riwayat dari Aisyah radhiyallahu'anhu. bahwa Nabi SAW bersabda, "Tidak ada sesuatu yang membuat kaum Yahudi merasa dengki/iri kepada kalian, seperti mereka iri kepada kalian atas ucapan salam dan amin."

8. Termasuk salah satu sebab masuk surga.

Berdasarkan riwayat dari Abu Yusuf Abdullah bin Salam ra ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, :

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan orang miskin, sambungkan tali silahturahmi, dan salatlah di malam hari, saat orang-orang sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan damai."



Inilah tuntunan Islam dalam mempererat hubungan persaudaraan di antara kaum muslimin. Tentunya, harus kita tinggalkan kebiasaan-kebiasaan yang jauh dari tuntunan Rasulullah . Sebagai gantinya, menghidupkan sunnah yang demikian benderang ini dalam kehidupan kita dan anak-anak kita.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3317 seconds (0.1#10.140)