As-Samhah (1): Jangan Keliru Memahami Makna Toleransi

Selasa, 02 November 2021 - 14:53 WIB
loading...
A A A
Sayang seperti yang sering saya sampaikan bahwa kita sedang hidup dalam dunia ketidakjujuran. Manipulasi persepsi dan imej khususnya oleh mereka yang menguasai media menjadikan agama Islam nampak berwajah buruk dalam konsep toleransi.

Persepsi yang terbangun adalah bahwa Islam itu agama intoleran. Agama kekerasan dan pemaksaan. Agama yang menakutkan dan antitesis dari kebebasan dan HAM. Mungkin peristiwa terbaru yang kemudian dibangun sebagai wajah Islam adalah ketika terjadi kekisruhan di Kabul di saat Afghanistan terjatuh ke tangan Taliban.

Maka benar seperti yang juga sering saya sampaikan bahwa peperangan terdahsyat saat ini bukan peperangan nuklir atau senjata kimia lagi. Tapi peperangan imej dan persepsi di antara manusia. Dan siapa yang memenangkan peperangan itu mereka akan memenangkan dunia.

Dalam beberapa tulisan mendatang ini akan saya tuliskan beberap argumentasi, baik berdasarkan dasar-dasar keagamaan (Al-Qur'an dan Hadits) maupun fakta sejarah betapa Islam dan Umat Islam itu toleran.

Sayang, ketidakjujuran dunia dan media khususnya menjadikan banyak manusia yang termakan misinformasi tentang toleransi Islam. Tapi yang lebih aneh adalah ketika ada di antara Umat ini sendiri yang seolah meyakini dan menuduh agama dan Umat ini tidak toleran. Wal-'iyadzu billah!

(Bersambung)!

Manhattan City, 1 November 2021

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2216 seconds (0.1#10.140)