Ar-Rubayyi' binti Mu'awwidz : Mujahidah Cerdas Kebanggaan Rasulullah

Jum'at, 19 November 2021 - 07:28 WIB
loading...
A A A
Saking intensnya berinteraksi dengan Rasulullah SAW , tak heran jika Ar-Rubayyi’ terampil menyebutkan sifat-sifat Rasulullah SAW dengan cara dan diksi yang indah. Diriwayatkan Abu Ubaidah bin Muhammad bin Ammar bin Yasir, “Kukatakan kepada Ar-Rubayyi’ binti Mua’wwidz bin Afra, ‘Sebutkan ciri-ciri Rasulullah untukku!’ Ar-Rubayyi’ menjawab, ‘Wahai anakku, engkau melihatnya laksana matahari terbit’.”

Ar-Rubayyi’ meriwayatkan hadis dari Rasulullah sebanyak 21 buah hadis. Al-Bukhari dan Muslim juga meriwayatkan hadis dari Ar-Rubayyi. Kedua imam ini bersepakat pada sebuah hadis darinya. Bahkan beberapa shahabat dan tabiin datang kepada Ar-Rubayyi’ untuk mendapatkan hadis. Sejumlah tabiin terkemuka juga meriwayatkan hadis darinya, sebut saja Khalid bin Dzakwan, Sulaiman bin Yasar, Abu Ubaidah bin Ammar bin Yasir, dan lainnya.

Satu riwayat menyebutkan Rubayyi binti Mu’awwidz bin Afra wafat pada tahun 37 Hijriah. Namun, riwayat lain menegaskan, ia wafat pada tahun 45 Hijriah, tepat pada masa kekhalifahan Mu’awiyah bin Abu Sufyan. Sepeninggalan Ar-Rubayyi, beliau banyak memberikan teladan bagi Muslimah dalam hal kebaikan, ketaqwaan, keilmuan, dan semangat perjuangan di jalan Allah.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3356 seconds (0.1#10.140)