6 Tempat Favorit Jin Tinggal dan Berkumpul

loading...
6 Tempat Favorit Jin Tinggal dan Berkumpul
Laiknya manusia, jin juga punya tempat tinggal, tempat berkumpul, dan menghabiskan waktu. (Foto/Ilustrasi : occultworld.com)
Setidaknya ada enam empat yang paling digemari jin untuk tinggal, berkumpul, dan menghabiskan waktu. Tempat-tempat itu antara lain laut, lubang, toilet, pasar, tempat kosong atau tak berpenghuni, serta tempat teduh dan panas.

Baca juga: Jin Ternyata Bermacam Bentuk dan Masing-masing Punya Target Khusus

Buku Ensiklopedia Ruqyah karya Iding Sanus menyebut laiknya manusia, jin memiliki tempat tinggal, tempat berkumpul, dan tempat mereka menghabiskan waktu. Dia menyebut enam tempat yang paling digemari makhluk ghaib ini.

Pertama, laut. Iding Sanus menyatakan jin kafir suka tinggal di laut terutama jin air atau sering kita sebut jin ghowwas. Bahkan singgasana iblis juga berada di lautan sebagaimana hadits dalam shahih Muslim.

Dari Jabir ra, Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas air (laut) kemudian ia mengutus bala tentaranya. Maka yang paling dekat dengannya adalah yang paling besar fitnahnya.” (HR Muslim)

Kedua, lubang. Menurut Iding, Rasulullah SAW melarang umatnya kencing di lubang, baik lubang yang tampak seperti sarang binatang atau yang mirip dengan itu. Di antara sebabnya, bisa menyakiti binatang. "Sebab lain, bisa jadi lubang itu adalah tempat tinggal jin," katanya.

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah salah seorang di antara kalian kencing di lubang". Mereka bertanya kepada Qataadah “Apa yang menyebabkan dibencinya kencing di lubang?”. Qataadah menjawab: “Dikatakan bahwa ia adalah tempat tinggal jin”.” (HR Abu Dawud).

Ketiga, toilet dan tempat najis. Iding menjelaskan tempat-tempat najis dan kotor sangat disukai oleh jin-jin kafir. Tempat-tempat kotor yang dimaksud adalah seperti kamar mandi, tempat sampah, kandang hewan dan lainnya.

Iding Sanus mengaku punya pengalaman soal itu. "Jin yang suka menempati tempat-tempat najis dan kotor biasanya adalah jin kafir, adapun jin muslim biasanya menyukai tempat-tempat yang bersih, bau yang sedap, wangi-wangian seperti masjid, pesantren dan lain-nya walaupun tidak menutup kemungkinan ada jin kafir tinggal di masjid, pesantren dan lainnya," kata Iding.

Itu sebabnya Rasulullah SAW mengajarkan doa masuk kamar mandi dengan do'a meminta perlindungan kepada Allah dari setan jantan dan setan betina.
halaman ke-1
cover top ayah
وَقَدۡ نَزَّلَ عَلَيۡكُمۡ فِى الۡـكِتٰبِ اَنۡ اِذَا سَمِعۡتُمۡ اٰيٰتِ اللّٰهِ يُكۡفَرُ بِهَا وَيُسۡتَهۡزَاُبِهَا فَلَا تَقۡعُدُوۡا مَعَهُمۡ حَتّٰى يَخُوۡضُوۡا فِىۡ حَدِيۡثٍ غَيۡرِهٖۤ‌ ‌ ۖ اِنَّكُمۡ اِذًا مِّثۡلُهُمۡ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ جَامِعُ‌‌‌الۡمُنٰفِقِيۡنَ وَالۡكٰفِرِيۡنَ فِىۡ جَهَـنَّمَ جَمِيۡعَا
Dan sungguh, Allah telah menurunkan (ketentuan) bagimu di dalam Kitab (Al-Qur'an) bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan (oleh orang-orang kafir), maka janganlah kamu duduk bersama mereka, sebelum mereka memasuki pembicaraan yang lain. Karena (kalau tetap duduk dengan mereka), tentulah kamu serupa dengan mereka. Sungguh, Allah akan mengumpulkan semua orang-orang munafik dan orang-orang kafir di neraka Jahanam,

(QS. An-Nisa:140)
cover bottom ayah
preload video