Al-Idrisi sang Pemandu Marcopolo, Ibnu Batutta, dan Colombus

Sabtu, 04 Desember 2021 - 09:58 WIB
loading...
A A A
Tapi salah satu kelebihan Al Idrisi, ia tidak hanya sebatas membaca dan mengetahui, tapi juga berjalan dan mengunjungi tempat-tempat menarik yang dibacanya.

Konon, setelah menyelesaikan pendidikan formal di sekitar usia 16, Al-Idrisi memulai perjalanannya. Ia mengunjungi berbagai titik di Eropa (termasuk Inggris dan Prancis), Afrika Utara, dan Anatolia.

Perjalanannya ke Eropa telah menjadikan pengalamannya khas bila dibandingkan dengan banyak ilmuwan Arab kontemporer lainnya.

Melalui perjalanannya, rasa ingin tahunya beralih menjadi antusiasme. Dari sebelumnya hanya sebatas pelancong, Al Idrisi menemukan kegairahan sejati untuk menjadikan geografi sebagai ambisi hidupnya.

Kisah tentang bagaimana akhirnya Al-Idrisi sampai ke Istana Roger II juga masih simpang siur. Ada yang mengatakan, bahwa kedatangannya ke Sicilia adalah sebuah aksi pelarian dari upaya persekusi yang dilakukan oleh Dinasti Abbasiyah kepada para keturunan Rasulullah SAW, termasuk di antaranya Al-Idrisi.

Lepas dari itu, pertemuan Al-Idrisi dan Roger II ini menjadi titik awal lahirnya karya besar yang amat bermanfaat bagi peradaban.

Pada tahun 1154 M, Roger II meninggal dunia. Namun, Al Idrisi sudah berhasil mempersembahkan The Book Of Roger beberapa minggu sebelum kematiannya. Tapi malang, hanya berselang enam tahun, pemberontakan terjadi di dalam istana Roger.

William I, pewaris tahta Roger, tidak sanggup menghadapi turbulensi tersebut, dan akhirnya lari menghilang.

Cakram perak yang begitu berharga tersebut pun hancur, termasuk The Book of Roger pun hilang dalam kekacauan tersebut. Namun, Al Idrisi masih menyimpan versi Bahasa Arab dan dia membawa pergi beberapa hasil kerjanya ke Afrika Utara.

Di tempat inilah peta tersebut kembali ditulis ulang dan dibaca oleh para ilmuan lainnya. Al Idrisi menjalani sisa hidupnya di Afrika Utara (kemungkinan Maroko), dan meninggal pada tahun 1166 M.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3209 seconds (0.1#10.140)