Tafsir Surat Al-Kafirun dan Fadhilahnya Bagi yang Membacanya

Senin, 20 Desember 2021 - 23:06 WIB
loading...
A A A
Dalam Hadis lain disebutkan:

إِذَا أَخَذْتَ مَضْجَعَكَ مِنَ اللَّيْلِ فَاقْرَأْ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكافِرُونَ فَإِنَّهَا بَرَاءَةٌ مِنَ الشِّرْكِ

"Apabila engkau telah berada di peraduanmu di malam hari, maka bacalah Qul Ya Ayyuhal Kafirun, karena sesungguhnya surat ini merupakan pembebasan dari kemusyrikan."

3. Bacaan di Waktu Sholat Fajar
Dari Jabir bin Abdullah: "Seorang laki-laki berdiri lalu Sholat Fajar dua rakaat. Ia membaca di rakaat pertama Qul ya Ayyuhal Kafirun hingga akhir surat. Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ini adalah hamba yang beriman kepada Tuhannya. Kemudian ia membaca pada rakaat kedua Qul Huwallahu Ahad sampai akhir surat. Lalu Nabi bersabda: Ini adalah hamba yang mengenal Tuhannya. Thalhah berkata: Maka aku suka membaca dua surat ini dalam dua rakaat ini"

4. Menyamai Seperempat Al-Qur'an
Membaca Surat Al-Kafirun sama dengan seperempat Al-Qur'an. Hal ini diriwayatkan Anas bin Malik, ia berkata bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Qul ya Ayyhal Kafirun (katakanlah hai orang -orang kafir) sama dengan seperempat Al Quran".

Imam at-Turmuzi juga mengatakan bahwa dalam hadis yang terdahulu telah disebutkan bahwa Surat Al-Kafirun ini sebanding dengan seperempat Al-Qur'an. Syeikh al-Mubarakfuri dalam kitab 'Tuhfatul Ahwadzi Syarah Sunan at-Tirmizi' menyebutkan bahwa hukum-hukum yang berkaitan dengan dua kalimah syahadat serta penjelasan tentang kehidupan dunia dan akhirat dan Al-Kafirun mempunyai kandungan itu.

Baca Juga: Surat Al-Kafirun, Surat yang Sangat Ditakuti Iblis
(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)