Fadhilah 4 Rakaat Qabliyyah Ashar, Diberi Rahmat dan Menghindarkan dari Siksa Neraka

loading...
Fadhilah 4 Rakaat Qabliyyah Ashar, Diberi Rahmat dan Menghindarkan dari Siksa Neraka
Shalat sunnah qabliyyah ashar adalah shalat sunnah yang dilaksanakan sebelum shalat Ashar, biasanya dilakukan sebanyak 4 rakaat. Foto ilustrasi/ist
Shalat sunnah qabliyyah ashar adalah shalat sunnah yang dilaksanakan sebelum shalat Ashar.Biasanya dilakukan sebanyak 4 rakaat. Kesunnahan melaksanakan qabliyyah ashar ini juga memiliki keutamaan bagi yang melakukannya.

Beberapa hadis Nabi menyebutksan tentang keutamaan melaksanakan shalat sunnah sebelum Ashar. Salah satunya, hadis yang menyebutkan bahwa shalat sunnah sebelum Ashar akan mendapatkan rahmat bagi sang pelaku. Sesuai hadis yang Nabi Shallallahu alaihi wa sallam sabdakan:
عن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وآله وسلم قال: رحم الله امرءا صلّى قبل العصر أربعا (رواه الترمذي)

" Dari Ibnu Umar R.a, dari Nabi Saw bersabda: Allah menyayangi seseorang yang shalat empat rakaat sebelum Ashar (HR. At-Tirmizi)

Baca juga: Perlukah Ada Jeda Antara Shalat Wajib dan Rawatib?

Dalam hadis lain disebutkan, seseorang yang melakukan shalat sunnah qabliyyah Ashar akan terhindar dari siksa neraka. Dari Ummu Salamah, dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang shalat empat rakaat sebelum Ashar maka Allah haramkan tubuhnya dari neraka. (HR. at-Tabrani)

Dalam riwayat Thabrani ini disebutkan barang siapa yang mengerjakan shalat sunnah empat rakaat sebelum shalat ashar, maka niscaya Allah mengharamkan tubuhnya disentuh api neraka.

Imam Kholil ar-Rasyidi mengambil dari kitab' Al-Mutjar ar-Rabih' disebutkan dalam hadis Imam Muslim, "Tidaklah seorang hamba mengerjakan shalat (rawatib) 12 rakaat hanya karena Allah dalam setiap harinya, melainkan Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga."

Namun, dalam riwayat lain, shalat 12 rakaat tadi adalah empat rakaat sebelum shalat zuhur dan dua rakaat setelah shalat zuhur. "Dua rakaat sesudah sholat maghrib dan isya dan dua rakaat sebelum sholat subuh,” (HR at-Tirmidzi).

Selain itu, ada beberapa hadis lainnya yang mengatakan keutamaan shalat sunnah sebelum Ashar. Ulama fikih sepakat bahwa shalat empat rakaat sebelum Ashar adalah sunnah. Adapun pelaksanannya dengan melakukannya sebanyak dua kali salam, yaitu dipisah dengan melaksanakannya dua rakaat sekali.

Niat melaksanakan shalat sunnah sebelum Ashar (qabliyyah Ashar) adalah sebagai berikut:
أُصّلٍّي سُنّةَ قَبْيلِىة العصر ركعتين مستَقْبِلَ القِبْلَلةِ أّدّأء لله تعالى

USHALLI SUNNATA QABLIYYATAL ASHRI RAK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADA`AN LILLAAHITA’ALA.

Artinya: aku niat shalat sunnah qabliyyah Ashar dua rakaat menghadap kiblat karena Allah.

Demikian beberapa keterangan tentang kesunnaan shalat empat rakaat sebelum Ashar dan keutamaannya.

Baca juga: Surat Al-Qur'an yang Harus Dihafal Sebelum Meninggal

Wallahu A'lam
(wid)
preload video