Rahasia Abah Guru Sekumpul Dikagumi dan Dicintai Banyak Orang

Sabtu, 22 Januari 2022 - 18:07 WIB
loading...
Rahasia Abah Guru Sekumpul Dikagumi dan Dicintai Banyak Orang
Abah Guru Sekumpul, sosok Waliyullah asal Kalimantan yang memiliki banyak pengikut. Beliau dikenal sebagai tokoh ulama yang rendah hati. Foto/Ist
A A A
Abah Guru Sekumpul (1942-2005) adalah ulama dan tokoh yang sangat kharismatik dan populer di Kalimantan. Sosok Beliau dikagumi dan dicintai banyak orang. Apa rahasianya?

Abah Guru Sekumpul bernama lengkap Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari. Beliau keturunan ke-8 dari ulama besar Banjar Kalimantan, Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin 'Abdullah Al-Banjari. Kalau melihat nasabnya yang tersambung ke Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, berarti beliau termasuk salah satu Dzurriyah Nabi.

Ustaz Khairullah Zainuddin, Alumnus Pondok Pesantren Hidayaturrahman Jurusan Fiqhiyyah Ma'had 'Aly Darussalam Martapura dilansir dari pecihitam.org, mengatakan mayoritas umat Islam di Kalimantan mengenal sosok Abah Guru Sekumpul. Hampir di setiap rumah, toko, warung, bahkan kantor, memajang foto beliau. Hari wafatnya (Haul) diperingati jutaan orang di berbagai daerah, bahkan di luar negeri.

Meski tanpa undangan, berbagai kalangan dari rakyat biasa hingga Presiden Jokowi pernah hadir di acara Haul beliau. Meski beliau sudah wafat, banyak yang mencintai dan merindukan beliau.

Ustaz Khairullah Zainuddin menceritakan ketika hijrah dari kampung halaman di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah ke Sekumpul Martapura, Abah Guru Sekumpul telah membuka pemukiman dan majlis pengajian sejak tahun 1992. Kegiatan dakwahnya dilaksanakan di Majlis Ar-Raudhah, nama majlisnya.

Demikian hingga akhir masa pengajian dan beliau wafat tahun 2005. Rahasia sukses beliau meraih cinta dari banyak kalangan tidak lepas dari sejarah hidup beliau yang mengagumkan.

Penghambaan kepada Allah
Imam Al-Ghazali dalam Minhajul 'Abidin menuliskan, bila seorang hamba menjalani ketaatan dan berkhidmat pada Tuhan, akan diberikan 40 kekeramatan, salah satunya selain dicintai Allah, juga dicintai banyak orang dan diterima berbagai kalangan.

Allah Yang Maha Pengasih menjadikan cinta kasih dalam hati banyak orang kepada hambaNya tersebut. Cinta yang memanggil jiwa manusia untuk mengasihi, memuliakan dan menghormatinya.

Bila kita membaca sejarah hidup Abah Guru Sekumpul, yang senantiasa menjaga ketaatan di bermacam kondisi dan keadaan, selalu menerima apa yang digariskan, susah dan senang, maka suatu kewajaran bila beliau juga menerima keramat seperti yang Imam Al-Ghazali sebutkan.

Khidmat dan taat yang dilakukan Abah Guru Sekumpul malah bisa dikatakan di luar kemampuan manusia biasa. Dalam kondisi sakit dan harus cuci darah per-dua hari, misalnya, beliau tetap menjaga tahajjud dan wirid lainnya. Rutinitas mengajarnya, bahkan dalam kondisi berbaring di tempat tidur tetap dilakukan.

Ketaatan Abah Guru Sekumpul kepada Allah tidak terbatas pada ibadah mahdhah (ibadah pribadi), tapi juga ibadah sosial. Beliau sering mengatakan bahwa beliau hanya pembantu dan semua orang adalah Boss. Ini karena beliau menghargai manusia sebagai hamba Tuhan. Apa yang beliau lakukan, berupa penghargaan, penghormatan, cinta kasih, dan suka menolong kepada sesama manusia, semata dalam rangka menghambakan diri kepada Tuhan.

Selalu Rendah Hati
Umumnya tabiat manusia suka kepada orang yang rendah hatinya. Sebaliknya, benci kepada yang sombong dan selalu meninggikan dirinya. Siapa yang ingin dicintai dan dihormati semua kalangan, maka memposisikan diri selalu di bawah kedudukan orang lain, adalah kunci rahasianya.

Abah Guru Sekumpul, baik dalam posisi sebagi guru, suami, kakak, teman, selalu memposisikan diri setara dan bahkan di bawah orang lain. Semua orang merasa terhormat bila berhadapan dengan beliau.

Ketika mengajar di majlis taklim misalnya, beliau tidak memposisikan diri lebih tinggi dari jamaahnya. Kepada yang lebih tua beliau bersikap sebagaimana junior terhadap senior, kepada yang seumur menganggap teman, kepada yang lebih muda memposisikan diri sebagai ayah yang penyayang. Padahal beliau guru dan jamaah adalah muridnya.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)