Tips agar Jatuh Cinta pada Shalat Tahajud

Senin, 14 Maret 2022 - 13:37 WIB
loading...
Tips agar Jatuh Cinta pada Shalat Tahajud
Shalat tahajud merupakan ibadah yang istimewa, karena Allah yang langsung menginformasikannya di dalam Al-Quran. Foto ilustrasi/ist
A A A
Shalat tahajud merupakan ibadah yang istimewa, karena Allah yang langsung menginformasikannya di dalam Al-Qur'an. Siapapun yang mengerjakannya akan disebut sebagai hamba-NYA yang terpuji di mata Allah.

Dalam Al-Qur'an Surat Al-Isra ayat 79, dijelaskan mengenai keutamaan dari shalat tahajud ini.

وَمِنَ الَّيۡلِ فَتَهَجَّدۡ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ‌ۖ عَسٰۤى اَنۡ يَّبۡعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحۡمُوۡدًا‏


Wa minal-laili fa tahajjad bihi nafilatal laka ‘asa ay yab’asaka rabbuka maqamam mahmuda

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji,”



Shalat tahajud sebenarnya dapat dilakukan kapan pun di malam hari setelah waktu salat isya’ hingga masuk waktu shalat subuh. Namun, waktu yang terbaik bagi umat muslim untuk mengerjakannya adalah sepertiga akhir pada malam hari yakni sekitar pukul 01.00 hingga 04.00.

Nah, bagaimana agar bisa mencintai shalat tahajud? Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa tips agar kita jatuh cinta pada shalat Tahajud ini, antara lain:

1. Paksakan Diri

Paksakan diri untuk tahajud, suka atau tidak,ringan ataupun berat, paksakan diri untuk bangun tengah malam menjelang subuh.

2. Jadikan Kebiasaan

Beberapa bentuk paksaan akan berubah menjadi 'kebiasaan'. Kita akan merasa aneh jika tidak tahajjud, kita akan terbiasa bangun saat jam tahajjud, walaupun tanpa alarm.

3. Jadikan Keharusan

Kebiasaan yang berterusan di lakukan akan berubah menjadi 'kemestian'. Seorang muslim, hendaknya dan harus shalat tahajud. Di tahap ini sudah mulai tumbuh benih-benih cinta tahajud, lalu akan merasa rugi jika tidak tahajud.

4. Menikmati

Pada tahap ini tahajud sudah menjadi kemestian. Shalat tahajud berlama lama adalah 'kenikmatan'. Sedangkan ketika terlewat tidak tahajjud akan membuat diri resah. Yang perlu kita lakukan adalah 'istiqomah' dan mengajak sebanyak banyaknya orang untuk tahajjud agar mereka pun dapat merasakan nikmatnya bertahajud.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻟَﺴَﺎﻋَـﺔً، ﻻَ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﺭَﺟُـﻞٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ ﺇِﻻَّ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ، ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ


“Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.” [HR. Muslim]

Pada waktu inilah hati seorang muslim lebih lembut dan lebih mudah kembali kepada Allah serta akan ditingkatkan keimanannya Ibnu Taimiyyah berkata,
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)