Surah Maryam Ayat 26: Kisah Maryam Berpuasa Bicara

Senin, 28 Maret 2022 - 17:08 WIB
loading...
Surah Maryam Ayat 26: Kisah Maryam Berpuasa Bicara
Secara umum, surah Maryam [19] ayat 26 berbicara mengenai kitab Allah SWT kepada Maryam agar ia makan, minum dan berbahagia di tengah carut-marut persoalan kehamilannya yang dipertanyakan oleh Bani Israil. Foto/ilustrasi: SINDOnews
A A A
Dalam Al-Qur’an , puasa disebutkan dengan dua istilah, yakni shiyam dan shaum. Meskipun keduanya berasal dari akar kata yang sama, namun terdapat perbedaan.

Istilah pertama merujuk pada menahan diri dari makan, minum, dan hubungan seks demi karena Allah sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Sedangkan shaum bermakna menahan diri tidak mengucapkan sesuatu sebagaimana Maryam berpuasa bicara.

Kisah Maryam berpuasa bicara Allah SWT ceritakan dalam surah Maryam [19] ayat 26 yang berbunyi:

فَكُلِيْ وَاشْرَبِيْ وَقَرِّيْ عَيْنًا ۚفَاِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ اَحَدًاۙ فَقُوْلِيْٓ اِنِّيْ نَذَرْتُ لِلرَّحْمٰنِ صَوْمًا فَلَنْ اُكَلِّمَ الْيَوْمَ اِنْسِيًّا ۚ
٢٦

Maka makan, minum dan bersenanghatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini.” (QS Maryam [19] ayat 26).



Laman Tafsir Al-Quran mengutip Tafsir al-Sa’adi menyebutkan, secara umum, surah Maryam [19] ayat 26 berbicara mengenai kitab Allah SWT kepada Maryam agar ia makan, minum dan berbahagia di tengah carut-marut persoalan kehamilannya yang dipertanyakan oleh Bani Israil.

Ia diperintahkan untuk tidak berbicara sepatah kata apa pun terkait permasalahan tersebut dan dengan sabar menanti datangnya kebenaran.

Kehebohan bani Israil berkenaan kehamilan Maryam adalah hal yang wajar. Sebab ia dikenal sebagai sosok yang mulia dan tidak pernah disentuh laki-laki mana pun.

Ibnu Katsir menuturkan dalam Qashash al-Anbiya’, Maryam memusatkan seluruh perhatiannya untuk beribadah di Masjid. Ia hanya akan keluar ketika masa haid atau ada keperluan mendesak seperti mengambil air atau mendapatkan makanan.

Kebingungan tersebut juga dialami oleh orang-orang terdekat Maryam. Misalnya, Yusuf bin Ya’kub – sepupu Maryam dan orang pertama yang menyadari kehamilannya – terkejut ketika melihat tanda-tanda kehamilan Maryam. Ia merasa bingung dengan kejadian yang dilihatnya, sebab ia yakin bahwa Maryam adalah perempuan mulia dan jauh dari berbagai perbuatan dosa.



Menurut Ibnu Katsir, untuk menghilangkan kebingungannya tersebut, Yusuf kemudian mendatangi Maryam dan bertanya kepadanya, “Wahai Maryam, mungkinkah ada tumbuhan tanpa adanya biji?” (sebuah kiasan mengenai kehamilan Maryam). Maryam lalu menjawab, “Ya. Allah SWT telah menciptakan Adam tanpa adanya laki-laki dan perempuan.”

Yusuf berkata, “Kalau begitu ceritakanlah tentang kondisimu kepadaku.”

Maryam lantas menceritakan kondisinya yang sesungguhnya, bahwa ia telah mengandung seorang anak yang Allah SWT anugerahkan tidak melalui perkawinan antara laki-laki secara biologis, tetapi ditiupkan langsung ke dalam rahimnya atas izin-Nya. Ia juga diberitahu bahwa anak itu kelak akan menjadi seorang nabi dan rasul Allah SWT.

Jawaban Maryam ini diceritakan Allah SWT dalam surah Ali Imran [3] ayat 45-46 yang bermakna:

“(Ingatlah), ketika para malaikat berkata, “Wahai Maryam! Sesungguhnya Allah menyampaikan kabar gembira kepadamu tentang sebuah kalimat (firman) dari-Nya (yaitu seorang putra), namanya Al-Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat, dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah), dan dia berbicara dengan manusia (sewaktu) dalam buaian dan ketika sudah dewasa, dan dia termasuk di antara orang-orang saleh.”



Kendati Yusuf percaya dengan apa yang disampaikan Maryam, namun mayoritas bani Israil tidak mempercayainya. Sebagian orang – dikatakan bahwa mereka adalah orang-orang zindik – bahkan menuduhnya telah berbuat zina dengan Yusuf yang sering beribadah di Masjid. Tuduhan semacam ini masif dilancarkan kepada Maryam di masa kehamilannya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5204 seconds (0.1#10.140)