alexametrics

7 Keutamaan Salat Shubuh Berjamaah di Masjid

loading...
Salat shubuh berjamaah adalah ibadah yang sangat besar keutamaannya, namun sedikit yang mengerjakannya. Masjid, mushalla dan surau-surau baru ramai apabila di bulan Ramadhan saja.

Direktur Rumah Fiqih Indonesia (RFI), Ustaz Ahmad Sarwat Lc mengatakan, fenomena sepinya Salat Shubuh di masjid merupakan persoalan serius bagi umat Islam masa kini. Padahal, banyak dalil yang sangat menganjurkan untuk mendirikan salat shubuh berjamaah di masjid.

Pada masa sahabat, salat Shubuh berjamaah ini dijadikan sebagai indikator kemunafikan. Berikut keutamaan (fadhillah) Salat Shubuh Berjamaah:



1. Salat Shubuh Memelihara Setiap Muslim.
Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang melakukan shalat shubuh, maka dia berada di dalam perlindungan Allah”. (HR Muslim)

2. Salat Shubuh Setara dengan Qiyamullail.
Orang yang ikut salat Isya' (berjamaah), seolah-olah telah salat setengah malam. Orang yang ikut salat shubuh (berjamaah), seolah-olah dia telah melaksanakan salat sepanjang malam (qiyamullail). (HR Muslim)

3. Shalat Shubuh Menyelamatkan Pelakunya dari Api Neraka.
"Tidak akan masuk neraka seseorang yang shalat sebelum terbit matahari (shalat shubuh) dan sebelum terbenam." (HR Muslim)

4. Salat Shubuh Memasukkan Pelakunya ke Dalam Surga.
"Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat Shubuh dan Ashar) maka dia akan masuk surga." (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Salat Shubuh 2 Rakaat Lebih Baik dari Dunia dan Segala Isinya.
Rasulullah SAW bersabda: "Dua rakaat shalat Fajar (Shubuh) nilainya lebih baik dari dunia dan segala isinya. (HR Muslim)

6. Salat Shubuh Disaksikan oleh Malaikat Malam dan Malaikat Siang.

Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu meriwayatkan dari Nabi SAW tentang ayat "wa quraanal fajri inna quraanal fajri kaana masyhuda": Shalat Shubuh itu disaksikan oleh Malaikat malam dan Malaikat siang". (HR Imam At-Tirmizi)

Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, "Salat berjamaah lebih diutamakan dari salat sendirian dengan 25 derajat. Malaikat malam dan Malaikat siang bertemu dalam shalat Subuh (HR Bukhari)

7. Orang Yang Shalat Shubuh Akan Mendapat Cahaya Terang di Hari Kiamat.

Rasulullah SAW bersabda, "Berikan kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan kaki di kegelapan malam menuju masjid, bahwa mereka akan mendapatkan cahaya terang yang sempurna di hari kiamat". (HR Tirmizi dan Ibnu Majah)

Salat Shubuh Ibadah yang Paling Berat Bagi Orang Munafik

Dari Abi Hurairah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada salat yang lebih berat bagi orang-orang munafik dari salat Isya' dan shalat Shubuh. Seandainya mereka tahu keutamaan keduanya, pastilah mereka akan mendatanginya meski dengan merangkak (HR Bukhari dan Muslim)

Ibnu Mas'ud RA berkata, "Kami dahulu memandang orang yang tidak ikut salat shubuh berjamaah sebagai orang munafik dan telah jelas kemunafikannya."

Ibnu Umar RA juga pernah berkata, "Dahulu kami (para shahabat) bila ada yang tidak datang salat shubuh dan Isya berjamaah, kami berprasangka buruk kepadanya".

Ibnul Qayyim berkata, "Tidur di waktu Shubuh akan menghalangi rezeki, karena waktu shubuh adalah waktu dibagikannya rezeki".

Wallahu A'lam Bisshowab
(rhs)
KOMENTAR
loading gif
cover top ayah
وَمَنۡ يَّقۡتُلۡ مُؤۡمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَآؤُهٗ جَهَـنَّمُ خَالِدًا فِيۡهَا وَغَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِ وَلَعَنَهٗ وَاَعَدَّ لَهٗ عَذَابًا عَظِيۡمًا
Dan barangsiapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya.

(QS. An-Nisa:93)
cover bottom ayah
preload video