9 Amalan Terbaik pada 10 Hari Terakhir Ramadhan

Jum'at, 22 April 2022 - 03:05 WIB
loading...
A A A
Artinya: "Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut." (HR Ahmad)

6. Memperbanyak Doa Berikut
Doa orang yang berpuasa di bulan Ramadhan termasuk doa mustajab. Apabila memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya memperbanyak doa ini sebagaimana keterangan Hadis berikut:

Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha bertanya kepada Baginda Nabi: "Wahai Rasulullah, seandainya aku bertepatan dengan malam Lailatul Qadar, doa apa yang aku perlu baca?

Rasulullah SAW berkata ucapkan:

‎اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau menyukai kemaafan, maka maafkan aku." (HR at-Tirmidzi dan Ibu Majah)

7. Menunaikan Ibadah Umrah
Amalan berikutnya adalah menunaikan ibadah Umrah ke Tanah Suci bagi yang mampu. Umrah di bulan Ramadhan apalagi pada 10 hari terakhir ini memiliki keutamaan dan pahala besar. Rasulullah SAW bersabda:

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: "Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji." (Muttafaqun 'Alaihi)

Dalam lafazh Al-Bukhari disebutkan: "Sesungguhnya Umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku." (HR Al-Bukhari 1863)

8. Bersungguh-sungguh Mencari Lailatul Qadar
Pada 10 hari terakhir ini umat Islam diberi keistimewaan satu malam mulia yang dikenal dengan Lailatul Qadar. Yaitu malam yang lebih baik dari ibadah 1000 bulan. Rasulullah bersabda:

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

Artinya: "Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Beliau juga bersabda: "Barang siapa berdiri (sholat) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

9. Menunaikan Zakat Fitrah
Amalan penting lainnya pada 10 hari terakhir Ramadhan ini adalah menunaikan Zakat Fitrah. Dalam Islam ada dua jenis zakat yaitu Zakat Fitrah dan Zakat Maal (harta). Untuk jenis yang kedua diwajibkan bagi orang yang hartanya mencapai nilai nisab.

Terkait Zakat Fitrah ini, Rasulullah SAW mewajibkan Zakat Fitrah sebagai pembersih bagi orang yang puasa dari segala perbuatan sia-sia dan ucapan kotor serta sebagai makanan bagi orang miskin. Siapa yang menunaikannya sebelum sholat 'Id maka zakatnya diterima, dan siapa yang menunaikannya setelah shalat id maka hanya menjadi sedekah biasa." (HR. Abu Dawud, Hasan)

Itulah 9 amalan penting 10 Hari terakhir Ramadhan. Hendaknya umat muslim menyiapkan diri untuk mengamalkannya sebagaimana Rasulullah SAW bersungguh-sungguh pada hari-hari tersebut.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)