Begini Cara Mendapatkan Pahala Sholat Semalam Suntuk

Kamis, 28 April 2022 - 13:00 WIB
loading...
Begini Cara Mendapatkan Pahala Sholat Semalam Suntuk
Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan penuh berkah, karena setiap amal orang yang berpuasa maka dilipatgandakan pahalanya, termasuk ketika melaksanakan sholat sunnah. Foto istimewa
A A A
Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan penuh berkah. Disebut penuh berkah karena setiap amal orang yang berpuasa maka dilipatgandakan pahalanya. Misalnya, sholat sunnah akan dihitung pahalanya sebagai sholat wajib. Dan sholat wajib akan dinaikkan derajat pahalanya berkali-kali lipat.

Lalu, apakah ada amal di luar Bulan Ramadhan yang juga bernilai pahala tinggi? Jawabnya ada. Menurut Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam, ada amal ibadah yang akan diberi pahala seperti seseorang melakukan sholat semalam suntuk.



Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa yang melaksanakan sholat Isya berjamaah, maka seolah ia telah melaksanakan sholat separuh malam.. dan barangsiapa yang melaksanakan sholat Shubuh berjamaah, maka seolah ia telah melaksanakan sholat semalaman penuh..”
(HR. Muslim).

2. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Siapa yang sholat (tarawih) bersama imam sampai ia selesai (sholat witir), maka ditulis untuknya pahala qiyam (sholat) satu malam penuh.”(HR. An Nasai)

3. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala sholat sepanjang malam.” (HR. Ahmad).

Menurut Ustaz Abu Yahya Badrusalam, pengasuh kajian Sunnah, terkait amalan nomor tiga, ada 2 kemungkinan makna hadis, yakni :

(1) Membaca 100 ayat pada sholat malam (tahajud)
(2) membaca 100 ayat secara umum baik di dalam sholat maupun di luar sholat.

"Yang aman dan terhindar dari perbedaan pendapat ya kita baca saja 100 ayat ini saat sholat malam. Saat bangun malam ini, sholat dan bacalah dalam sholat tersebut beberapa surat yang jumlah totalnya mencapai 100 ayat. wallahu ta’ala a’lam," terang ustaz Abu Yahya Badrusalam.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4144 seconds (0.1#10.140)