Ku Menangis

Kamis, 28 April 2022 - 15:22 WIB
loading...
Ku Menangis
Ku Menangis
A A A
Ali Masykur Musa
Ketua Umum ISNU, Pengasuh Pesantren Pasulukan Al-Masykuriyyah, Condet-Jaktim.

Ramadan 1443 H sebentar lagi akan meninggalkan kita. Haru biru berkecamuk di hati orang-orang beriman, karena sebentar lagi akan ditinggalkan kekasihnya yang dicintai itu, namanya Ramadan. Tidak ada musibah yang lebih besar kecuali habisnya bulan Ramadan. Ketika itu langit dan bumi menangis. Seharusnya kitalah yang lebih berhak menangis karena habisnya anugerah dan kemuliaan ini, di tengah-tengah kita masih ingin bermunajat dan ber-mujalasah di hadapan Allah di bulan Suci ini.

Hadits yang diriwayat dari Jabir RA dari Rasulullah SAW bersabda : “Ketika datang akhir malam bulan Ramadan, langit dan bumi, para malaikat menangis karena merupakan musibah bagi umat Nabi Muhammad SAW. Dikatakan : Wahai Rasulullah, musibah yang mana? Rasulullah menjawab: lenyaplah bulan Ramadan karena sesungguhnya doa-doa di bulan Ramadan dikabulkan, dan sedekah diterima, kebaikan dilipat gandakan, dan adzab ditolak".

Sifat pemurah Allah inilah yang harus terus kita mohonkan, agar kehidupan kita di dunia menuju akherat ini mendapat ridho dan rahmat-Nya. Hadits lain yang senada berbunyi : “Idza kaana akhiru lailatin min ramadhana bakatis samawatu wal ardhu wal malaaikatu mushibatan li ummati Sayyidinaa Muhammadin qiila ayyul mushibatin qaala Rasulullahi shallallahu ‘alaihi wasallama, hiya dzahaabu ramadhana liannada’waati fiihi mustajabatun was shadaqatan maqbulatun.”

Bagi Rasulullah, Ramadan adalah bulan yang sangat dirindukan. Kita bisa membayangkan kekasih yang kita tunggu-tunggu, dalam sekejab sudah akan meninggalkan kita. Tentu kita akan sedih. Mendung yang menggelayut di alam raya ini pasti akan luruh hujan lebat, seperti air mata kita yang akan menjatuhi sajadah kita. Diceritakan oleh Siti Aisyah, begitu takut ditinggalkan kekasihnya, Ramadan, Rasulullah di akhir Ramadan meningkatkan untuk bercengkerama-munajat dengan Allah.

An ‘Aisyahta radhiya Allahhu ‘Anha zauji nabiyyi shallallahu ‘alaihi wasallama anna nabiya shallallahu ‘alaihi wasallama, kaana ya’kiful ‘asyara al-akhira min ramadhana khatta tawaffahul allahu”. ‘Aisyah RA bercerita bahwa: “Nabi SAW (selalu) beri’tikaf di sepuluh terakhir bulan Ramadhan sampai Allah SWT mewafatkan beliau” (HR Bukhori & Muslim). Padahal Rasulullah SAW yang sudah dijamin masuk surga dan amalan puasanya pasti diterima justru meningkatkan amalan ibdahnya.

Bahkan Rasulullah tak henti-hentinya berdoa di pengujung Ramadan. “Allahuma laa taj'alhu aakhiril'ahdi min shiyaminaa iyyaahu, fain ja'altahu faj'alnii marhuuman walaa taj'alnii mahruuman”. Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau jadikan bulan Ramadan ini sebagai Bulan Ramadan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.

Sebaiknya, kita yang masih banyak dosa dan kesalahan jangan surut di ujung Ramadan ini. Muhasabah atas kekurangan kita dan diteruskan dengan bermunajat kepada Allah dalam amalan Qiyamul Lail. Lantunkan Alquran dalam setiap kesempatan sebagai wujud kita ber-muhadatsah dengan Allah. Basahi lidah kita dengan dzikir bil qolbi setiap keluar masuknya nafas kita sebagai bentuk muraqabah kepada Allah. Rasulullah SAW menegaskan dalam sabdanya : “Seandainya umatku mengetahui tentang apa yang ada pada bulan Ramadan, niscaya mereka berharap sepanjang tahun itu semuanya Ramadan”.

Penyucian dan pembakaran dosa orang mukmin di Bulan Ramadan ini melahirkan predikat kembali kepada kesucian seperti saat kita dilahirkan, Idul Fitri. Sudah sepatutnya kita menjaga kesucian itu sepanjang hidup kita sampai berjumpa pada Ramadan depan. Langkah yang harus kita lakukan adalah tazkiyatun nafs, yaitu selalu membersihkan jiwa kita dari nafsu yang mengarah kepada kehancuran akhlak. Dan tasfiatul qolbi, yaitu membeningkan hati kita seperti membersihkan cermin setiap hari. Kaca mata hati hanya bisa bening dan bersih manakala kita senantiasa dzikrullah.
(hdr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)