Kumpulan Artikel: Cahaya Ramadhan

  • Ku Menangis
    Dunia Islam
    Kamis, 28 April 2022 - 15:22 WIB
    Ketika datang akhir malam bulan Ramadan, langit dan bumi, para malaikat menangis karena merupakan musibah bagi umat Nabi Muhammad SAW.
  • Ramadhan Bulan Berjihad dari Keburukan untuk Menciptakan Perdamaian
    Dunia Islam
    Minggu, 03 April 2022 - 04:38 WIB
    Bulan Ramadhan menjadi latihan bagi umat Islam untuk membersihkan diri dari keburukan dengan menahan diri dari hawa nafsu negatif yang membatalkan puasa.
  • 5 Golongan yang Boleh Tidak Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan
    Tips
    Sabtu, 02 April 2022 - 05:15 WIB
    Puasa Ramadhan diwajibkan bagi setiap muslim yang sudah mukallaf (baligh), namun ada golongan yang diberi dispensasi oleh Allah Subhanahu wa Taala untuk tidak menunaikan ibadah puasa ini
  • Apa itu Nuzulul Qur’an?
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 11:52 WIB
    Apa itu Nuzulul Quran? Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bulan suci Ramadhan merupakan salah satu bulan yang memiliki banyak keberkahan di dalamnya.
  • Rasulullah Teladan Umat
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 11:43 WIB
    Dalam sejarah dakwahnya Rasulullah SAW, figur Rasulullah merupakan figur yang sangat menarik. Figur yang dari semua sisi tidak ada cela baginya.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Kado Yatim Berikan Senyum Keceriaan Anak Yatim dan Dhuafa
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Mei 2021 - 11:34 WIB
    Senyum bahagia terpancar dari para anak-anak yatim maupun dhuafa di Yayasan Bani Ibrahim (Asrama Tahfiz) setelah mendapat Kado Yatim untuk kebutuhan hidup.
  • Arab Saudi Tetapkan Ramadhan 30 Hari, Idul Fitri Jatuh 13 Mei
    Dunia Islam
    Rabu, 05 Mei 2021 - 07:07 WIB
    Anggota Dewan Cendekiawan Senior Saudi dan Penasihat Royal Court Sheikh Abdullah Bin Suleiman Al Manea mengatakan tahun ini Ramadhan akan menjadi 30 hari.
  • Muliakan Yatim, Dompet Dhuafa Ajak Mereka Belanja Kebutuhan Lebaran
    Dunia Islam
    Selasa, 04 Mei 2021 - 10:01 WIB
    Memuliakan Yatim, Dompet Dhuafa mengajak berbelanja kebutuhan Lebaran. Kegiatan Belanja Bareng Yatim dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.
  • 7 Amalan Tambahan Terbaik di Bulan Suci Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 09:46 WIB
    7 Amalan tambahan terbaik di bulan suci Ramadhan. Begitu banyak keutamaan berpuasa di bulan Ramadan yang dijanjikan oleh Allah di bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan.
  • Kampung Silat Jampang Dompet Dhuafa Berbagi 100 Parsel untuk Pelestari Budaya
    Dunia Islam
    Selasa, 27 April 2021 - 11:51 WIB
    Dompet Dhuafa terus berusaha untuk melestarikan warisan budaya dunia tersebut, salah satunya melalui Kampung Silat Jampang Dompet Dhuafa.
  • Zakat Yang Penuh Dengan Keberkahan
    Tausyiah
    Selasa, 27 April 2021 - 11:35 WIB
    Berbicara mengenai persoalan zakat, Allah SWT memerintahkan untuk mengeluarkan zakat bagi hambanya di dalam Alquran, dirikan sholat dan tunaikan zakat.
  • Dompet Dhuafa dan BNPT Bersatu Cegah Pemahaman Radikalisme
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 April 2021 - 10:11 WIB
    Berlangsungnya pertemuan Dompet Dhuafa dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme pada Senin (19/4/2021), menjadi tanda kolaborasi keduabelah pihak.
  • Hakikat Kesabaran
    Tausyiah
    Kamis, 22 April 2021 - 16:30 WIB
    Melihat dari puasa yang kita laksanakan, ternyata puasa telah mampu mendidik kita menjadi orang yang sabar. Tetapi, apakah hakikat sabar itu sendiri?
  • Parcel Ramadhan, Senyumkan Portir Stasiun
    Dunia Islam
    Rabu, 21 April 2021 - 11:19 WIB
    Semburat senyum Pak Sukiman merekah. Alangkah bahagianya ia dan sahabatnya sesama Portir, Pak Sobari (56), bertemu tim Dompet Dhuafa pagi itu
  • Puasa Adalah Sebuah Proses Perubahan
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 17:44 WIB
    Allah subhanahu wataala mengingatkan manusia untuk memacu dirinya dalam sebuah proses puasa di bulan suci Ramadan selama kurang lebih 30 hari lamanya.
  • Marah dengan Cara yang Baik Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 13:13 WIB
    Sebagian dari kita mungkin masih menilai orang yang kuat adalah orang yang mampu menang di dalam perkelahian. Itu merupakan sebuah pandangan beberapa orang.
  • Kenapa Rakaat Salat Tarawih Berbeda-beda? Ini Jawaban Ustadz Najmi
    Tausyiah
    Senin, 19 April 2021 - 10:28 WIB
    Salat tarawih bisa dilakukan di masjid maupun di rumah. Namun, pasti banyak umat muslim yang penasaran, kenapa ya Salat tarawih memiliki rakaat yang berbeda?