Satu-satunya Amalan yang Pasti Diterima Allah dan Wasilah Syafa'at

Jum'at, 27 Mei 2022 - 07:30 WIB
loading...
Satu-satunya Amalan yang Pasti Diterima Allah dan Wasilah Syafaat
Membaca sholawat merupakan wasilah mendapatkan Syafaat Nabi dan satu-satunya amalan yang pasti diterima oleh Allah. Foto/Ist
A A A
Satu-satunya amalan yang pasti diterima Allah dan menjadi wasilah mendapatkan syafa'at Nabi adalah membaca sholawat. Keutamaan sholawat atas Nabi tidak diragukan lagi.

Apalagi jika dibaca pada Hari Jumat, maka sholawat seorang muslim akan ditampakkan kepada Rasulullah SAW. Dalam satu Hadis, Nabi berpesan: "Perbanyaklah membaca sholawat untukku di hari Jumat, karena sesungguhnya hari Jumat itu adalah hari yang disaksikan oleh para Malaikat."

Al‐Habib Ibrahim bin Aqil bin Yahya, seorang Ulama dan Mufti di Kota Taiz, Yaman (lahir tahun 1327 H/1908 pernah memberi nasehat yang patut kita teladani. Kecintaan beliau kepada Baginda Nabi Muhammad sungguh luar biasa. Beliau banyak menulis syair tentang cinta kepada Allah dan Baginda Rasulullah.

Beliau pernah berkata, setiap ibadah dapat dirusak oleh riya dan kesombongan kecuali sholawat atas Nabi. Karena itu perbanyaklah membaca sholawat karena merupakan wasilah mendapatkan Syafa'at dan amalan yang pasti diterima oleh Allah apapun keadaan orangnya.

Betapa banyak keutamaan sholawat sebagaimana diterangkan dalam Hadis. Sholawat yang didasari dengan rasa cinta kepada Rasulullah SAW, niscaya lisan kita tidak akan pernah bosan bersholawat.

Bacaan Sholawat di Hari Jumat
Dalam satu Hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَمَانِينَ مَرَّةً غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُ ثَمَانِينَ سَنَةٍ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْك قَالَ تَقُولُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِك وَنَبِيِّك وَرَسُولِك النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً

Artinya: "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun." Ada yang bertanya kepada beliau: "Wahai Rasulullah, bagaimana cara bersholawat atasmu? Beliau menjawab: "Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'ala Muhammadin 'Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali". (Hadis Hasan menurut Al-Hafizh Al-Iraqi dan Ibnu An-Nu'man)

اَللَّٰہُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَیٰ سَیِّدِنَا مُحَمَّدِ عَبْدِڪَ وَرَسُوْلِڪَ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وعَلَی آلِــهِہ وَصَحْبِـهِہ وَسَلِّمْ تَسْلِيـمَا

Allahumma Sholli 'Alaa Muhammadin 'Abdika wa Rosulika An-Nabiyyil Ummiyi wa 'ala Alihi wa shahbihi wa sallim Tasliimaa.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada pemimpin kami Muhammad, hamba-Mu, dan Rasul-Mu, seorang Nabi yang ummi, serta kepada keluarganya, sahabatnya dan berilah mereka keselamatan."

Sholawat Ringkas
Selain sholawat di atas, umat muslim dapat membaca sholawat ringkas berikut. Bacaan sholawat ini merupakan sholawat yang sangat masyhur di tengah umat muslim.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Allohumma shollii 'alaa Muhammadin wa 'ala Aali Muhammad.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah sholawat ke atas Nabi Muhammad dan ke atas keluarganya." (HR An-Nasa'i, shahih)

Sholawat Ibrahimiyah

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma sholli 'alaa Muhammadin wa’alaa Aali Muhammadin, Kamaa shallaita ‘alaa Ibraahiima wa 'alaa Aali Ibrahiima, wa Baarik 'alaa Muhammadin wa 'alaa Aali Muhammadin, Kamaa Baarakta 'alaa Ibraahima wa 'alaa Aali Ibraahima, Fil 'Aalamiina innaka hamiidun Majiidun.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha
Mulia." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)