Nasehat Mahal dan Menyentuh dari Tabiin Syaikh Ar-Rabi bin Khutsaim

Kamis, 25 Juni 2020 - 13:15 WIB
loading...
A A A
"Lantas, apa obatnya?" tanya Mundzir lagi.

"Obatnya adalah istighfar," jawab Ar-Rabi.

"Bagaimana bisa pulih kesehatannya?" tanya Mundzir heran.



"Dengan bertaubat, kemudian tidak mengulangi dosanya," ujar Ar-Rabi, sembari menatap kedua tamunya. "Waspadalah kalian terhadap dosa yang meski tersembunyi dari orang-orang, namun jelas bagi Allah Subhanahu wa Taala, segeralah datangkan obatnya!" lanjutnya.

"Apa obatnya?" tanya Mundzir lagi.

"Dengan taubat nasuha," ujar Ar-Rabi, lalu menangis hingga basah jenggotnya.

"Mengapa Anda menangis wahai Syaikh?" tanya Mundzir bernada heran.


"Bagaimana aku tidak menangis? Aku pernah berkumpul bersama suatu kaum (yakni para sahabat Nabi) di mana kedudukan kami dibanding mereka seakan sebagai pencuri," tutur Ar-Rabi.

Ketika mereka asyik berbincang-bincang, tiba-tiba datanglah seorang putra Ar-Rabi. Setelah memberi salam dia berkata: "Wahai ayah, ibu membuatkan roti yang manis dan lezat agar ayah mau memakannya, berkenankah ayah jika aku bawakan kemari?"

"Bawalah kemari," jawab beliau.

Pada saat putranya keluar, terdengar orang meminta-minta mengetuk pintu. "Suruhlah dia masuk," ujar Syaikh kepada Hilal dan Mundzir.

Pengemis itu ternyata lelaki tua yang berpakaian compang-camping. Air liurnya belepotan ke sana ke mari, terlihat dari wajahnya bahwa dia tidak begitu waras.


Hilal dan Mundzir memperhatikan lelaki itu hingga kemudian masuklah putra Syaikh Rabi membawa roti di tangannya. Ayahnya langsung mengisyaratkan agar roti tersebut diberikan kepada orang yang meminta-minta tersebut.

Roti itu diletakkan di tangan pengemis tersebut. Sesegera mungkin orang itu memakannya dengan lahap. Air liurnya mengalir di sela-sela roti yang dimakannya. Dia melahapnya hingga habis tanpa sisa.

"Semoga Allah merahmati Ayah," ujar putra Syaikh begitu melihat apa yang terjadi. "Ibu telah bersusah payah untuk membuat roti itu untuk Ayah, kami sangat berharap agar Ayah sudi menyantapnya, namun tiba-tiba Ayah berikan roti itu kepada orang linglung yang tidak tahu apa yang sedang dimakannya," lanjutnya.



"Wahai putraku, jika dia tahu, maka sesungguhnya Allah Subhanahu wa TaalaMaha Tahu," jawab Syaikh. Kemudian beliau membaca firman Allah:

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaktian [yang sempurna], sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai." (QS. Ali Imran: 92)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)