5 Nabi Bergelar Ulul Azmi Berikut Mukjizatnya

Kamis, 18 Agustus 2022 - 23:46 WIB
loading...
A A A
Hanya saja dengan kesombongannya, Fir'aun tetap menolak ajaran yang disampaikan Nabi Musa. Bahkan, Fir'aun mengumpulkan para ahli sihirnya untuk melawan Nabi Musa.

Dengan mukjizat yang diberikan Allah, Nabi Musa dengan mudah mengalahkan mereka ahli sihir tersebut dan berangsung-angsur mengimani ajaran yang dibawa Musa. Berbeda dengan Fir'aun yang semakin marah, dia menyuruh tentaranya mengejar Nabi Musa dan pengikutnya. Hingga akhirnya, mereka sampai di tepi lautan. Allah mengabadikan kisah ini dalam Al-Qur'an.

فَاَوۡحَيۡنَاۤ اِلٰى مُوۡسٰٓى اَنِ اضۡرِبْ بِّعَصَاكَ الۡبَحۡرَؕ فَانْفَلَقَ فَكَانَ كُلُّ فِرۡقٍ كَالطَّوۡدِ الۡعَظِيۡمِۚ‏

Artinya: "Lalu Kami wahyukan kepada Musa, "Pukullah laut itu dengan tongkatmu." Maka terbelahlah lautan itu, dan setiap belahan seperti gunung yang besar." (Surat Asy-Syu'ara Ayat 63)

Mukjizat Nabi Musa yang bisa membelah lautan akhirnya menenggelamkan Fir'aun dan bala tentaranya. Sementara Nabi Musa dan pengikutnya berhasil selamat.

4. Nabi Isa 'Alaihissalam
Nabi Isa merupakan putra Maryam yang lahir atas kehendak Allah tanpa seorang ayah. Sejak masih bayi, Nabi Isa diberkahi banyak mukjizat. Di antaranya bisa berbicara dan melindungi Ibunya dari cemoohan orang-orang.

Ketika beranjak dewasa, Nabi Isa diangkat sebagai Rasul dan mulai berdakwah kepada umatnya. Sama halnya dengan Nabi yang termasuk Ulul Azmi, beliau melewati berbagai rintangan dalam menegakan ajarannya.

Allah memberikan beberapa mukjizat kepada Nabi Isa di antaranya membuat burung yang bisa hidup dari tanah, menyembuhkan orang buta, hingga menghidupkan orang mati atas izin Allah.

5. Nabi Muhammad Shollallohu 'Alaihi Wasallam
Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam merupakan Nabi terakhir yang diutus Allah di muka bumi. Beliau memiliki ketabahan luar biasa dalam menjalankan risalah kanabiannya.

Meski ditolak, dicaci dan diancam oleh kaumnya Quraisy, beliau tidak pernah menyerah. Beliau awalnya berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan perlahan mulai terang-terangan mengajak orang-orang Quraisy yang menyembah berhala untuk beriman kepada Allah dan memeluk agama Islam.

Allah menganugerahi Nabi Muhammad berupa mukjizat yang sangat banyak. Mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW adalah Kitabullah Al-Qur'an. Berikut beberapa mukjizat beliau:
1. Dapat melihat dengan jelas dalam keadaan gelap maupun terang. (HR Al-Baihaqy)
2. Wajah beliau memancarkan cahaya di kegelapan pada waktu sahur. (Riwayat dari Aisyah RA)
3. Keringat beliau memiliki bau wangi yang sangat harum. (Riwayat Anas bin Malik)
4. Jika Nabi Muhammad berjabat tangan dengan seseorang maka aroma harum itu akan membekas selama beberapa hari di tangan orang tersebut. (Riwayat Abu Juhaifah.)
5. Nabi Muhammad sanggup menghancurkan batu besar dengan tiga kali pukulan menjelang Perang Khandaq, padahal beliau belum makan selama 3 hari. (Al-Bukhari)
6. Sanggup merubuhkan pegulat bertubuh tinggi dan kekar, Rukanah al-Mutthalibi hanya dengan dua kali dorongan saja. (Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam)
7. Jemari tangan beliau memancarkan air dan kemudian air itu untuk berwudhu 300 orang sahabat hanya dengan semangkuk air. (Shahih Al-Bukhari)

Dan masih banyak lagi mukjizat Nabi Muhammad SAW yang tak dapat dituliskan. Beliaulah manusia yang tidak seperti manusia, teladan umat manusia dan rahmat untuk semesta alam. Semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad dan para Nabi serta keluarga dan pengikut beliau.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)