Keutamaan dan Manfaat Menjenguk Orang Sakit dalam Islam

Minggu, 21 Agustus 2022 - 14:36 WIB
loading...
A A A
Diriwayatkan dari Abli bin Abi Thalib radhiyallahu'anhu bahwa ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, ‘Tidak ada seorang muslim yang menjenguk saudara muslim pada pagi hari, kecuali tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya sampai sore. Jika ia menjenguknya pada sore hari, tujuh puluh ribu malaikat turun mendoakannya sampai pagi. Ia (orang yang menjenguk) dicatat memiliki kebun di dalam surga.” (HR At-Tirmidzi).

5. Hak seorang muslim dijenguk saudara muslim lainnya

Seorang muslim yang sedang tidak sakit berkewajiban menjenguk saudaranya yang sedang sakit sebisa mungkin. Ini disebutkan dengan sangat jelas dalam hadis Rasulullah yang lain yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, bahwa kewajiban seorang muslim atas saudaranya yang muslim ada enam yaitu (1) menjawab salam, (2) menjenguk yang sakit, (3) memberi nasihat ketika diminta, (4) mengantarkan jenazahnya jika meninggal dunia, (5) mendatangi undangannya, dan (6) mendoakannya ketika ia bersin.



6. Waktu tepat untuk bersyukur

Kesehatan bisa diibaratkan layaknya mahkota di kepala orang yang sedang sehat namun tidak ada yang bisa melihat mahkota itu kecuali bagi mereka yang sedang sakit. Karena itulah pada saat kita menjenguk orang sakit makan bisa digunakan untuk lebih memperbanyak rasa syukur atas rahmat Allah yang sudah memberikan kesehatan untuk kita.

7. Mengingatkan pada akhirat

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu'anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda,"Kunjungilah orang yang sakit dan ikutilah jenazah, (hal tersebut) mengingatkan kalian dari akhirat.” (HR. Ahmad (11209) dengan sanad yang shahih)

Pada saat kita menjenguk orang sakit, ini juga menjadi pengingat kita akan akhirat. Dengan ini kita akan menjadi sadar tentang segala dosa yang sudah kita perbuat dan menjadi takut pada Allah atas semua kesalahan yang sudah kita lakukan.

8. Jaminan kebaikan allah

Dari Muadz bin Jabal radhiyallahu'anhu mengatakan Rasulullah bersabda, "5 perkara yang barang siapa melakukan salah satu darinya akan mendapatkan jaminan (kebaikan) dari Alloh; barang siapa yang menjenguk orang sakit, …”* [HR. Ahmad, Ath-Thobroni, dan hadits dishohihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rohimahulloh dalam “Shohih Targhib wa Tarhib” (no.3471)]

Dengan menjenguk sanak saudara atau teman sesama muslim yang sedang mengalami musibah yakni sakit, maka ini akan menjadikan jaminan untuk kita akan kebaikan dari Allah.

9. Mendapatkan banyak rahmat

Dari Ali bin Abi Thalib raddhiyallahu'anhu berkata: aku mendengar Rasululloh SAW bersabda: “Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka dia berjalan di (tempat) pemetikan buah-buahan Surga sampai dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan sangat banyak.” [HR. At-Tirmidzi (no.969), Ibnu Majah 1/444) dan Imam Ahmad dengan sanad shahih, dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam “Ash-Shahihah” (no.1367) dan “Shahih At-Targhib” (no.3476)]

10. Amalan penduduk surga

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu'anhu berkata bahwa Rasululla SAW bersabda, “5 perkara yang barang siapa melaksanakannya pada sehari akan dituliskan baginya (bahwasanya) dia termasuk dari penduduk Surga; barang siapa yang menjenguk orang sakit, menghadiri jenazah, berpuasa pada hari itu, pergi berangkat menuju masjid dan membebaskan budak.”* [HR. Ibnu Hibban, dan hadis dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rohimahulloh dalam “Shahih Targhib wa Tarhib” (no.3470)]

Saat kita menjenguk orang yang sedang sakit, maka mengartikan kita sudah menjadi salah satu penghuni dari surga khususnya saat diimbangi juga dengan berpuasa.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2549 seconds (0.1#10.140)