Keutamaan dan Manfaat Menjenguk Orang Sakit dalam Islam

Minggu, 21 Agustus 2022 - 14:36 WIB
loading...
Keutamaan dan Manfaat Menjenguk Orang Sakit dalam Islam
Menjenguk orang sakit memiliki keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar, dan merupakan salah satu hak setiap muslim terhadap muslim lainnya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Menjenguk orang sakit merupakan salah satu ibadahghairu mahdhahyang dianjurkan bagi umat muslim, karena dalam aktivitas ini terdapatkeutamaanyang agung, serta pahala yang sangat besar, dan merupakan salah satuhaksetiap muslim terhadap muslim lainnya. Selain itu, banyak manfaat yang bisa diambil dari ibadah tersebut.

RasulullahShallallahu alaihi wa sallambersabda:

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).


Masih banyakhadis-hadislain tentang keutamaan menjenguk orang sakit ini. Misalnya, di dalam kitab Lubbabul Hadis bab ke 36, Imam As-Suyuthi (wafat 911) menuliskan hadis-hadis tentang keutamaan menjenguk orang sakit. Beberapa di antaranya, yakni

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ السَّلَامُ: {عُوْدُوا الْمَرِيْضَ وَاَتْبَعُوا الْجَنَازَةَ تُذَكِّرْكُمُ الْآخِرَةَ


Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, bersabda, “Jenguklah orang sakit dan iringilah jenazah, maka hal itu akan mengingatkan kalian pada akhirat (keadaan dan kengeriannya).” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi dari sahabat Abu Sa’id Al-Khudri.

Imam An-Nawawi Al-Bantani menjelaskan bahwa perintah pada hadis tersebut adalah menunjukkan pada kesunnahan (bukan kewajiban).

Kemudian hadis berikut :

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang menjenguk orang sakit maka ia akan berjalan di taman surga sampai ia kembali.” (HR. Muslim dari sahabat Tsauban ra. (bekas budak Rasulullah SAW. yang telah merdeka).

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut keutamaan dan manfaat dari membesuk atau menjenguk orang sakit ini, di antaranya:

1. Orang sakit adalah orang yang istimewa di mata Allah

Orang yang sakit adalah orang yang sedang mengalami ujian, sedang diberi cobaan, sekaligus sedang disayang oleh Allah Ta'ala. Allah begitu dekat dan mencintai orang yang sedang mengalami cobaan atau ujian.

Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya besarnya pahala sebanding dengan besarnya cobaan, dan sesungguhnya apabila Allah mencintai suatu kaum, Allah memberinya cobaan. Siapa yang rida dengan cobaan itu, ia mendapat rida Allah, dan siapa yang tidak rida, ia pun mendapat kemarahan.”

2. Akan “menemukan” Allah

Di dalam hadis bahkan disebutkan bahwa Allah kelak pada hari Kiamat akan menegur kita jika kita tidak “menjenguk-Nya” ketika Dia “sedang sakit”.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu dalam hadis qudsi bahwa pada hari Kiamat kelak Allah akan bertanya kepada hamba-Nya, “Wahai anak Adam, Aku sakit tetapi mengapa kamu tidak menjenguk-Ku?” Sang hamba balik bertanya, “Bagaimana aku menjenguk-Mu sedangkan Engkau Tuhan semesta alam?” Allah menjawab, “Bukankah kamu tahu bahwa fulan, hamba-Ku, sedang sakit, tetapi kamu tidak menjenguknya? Tidakkah kamu tahu jika kamu menjenguknya kamu akan menemukan Aku di sisinya? Wahai anak Adam, Aku meminta makan darimu tetapi mengapa kamu tidak memberi-Ku makan?” Sang hamba menjawab, “Bagaimana aku memberi-Mu makan sedang Engkau Tuhan semesta alam?” Tuhan menjawab, “Bukankah kamu tahu bahwa hamba-Ku, fulan, meminta makan kepadamu tetapi tidak kamu beri? Tidakkah kamu tahu kalau kamu beri dia makan kamu akan menemukan Aku padanya? Wahai anak Adam, Aku meminta minum kepadamu tetapi mengapa tidak kau beri?” Hamba menjawab, “Bagaimana aku memberi-Mu minum, sementara Engkau Tuhan semesta alam?” Allah menjawab, “Bukankah kamu tahu bahwa fulan, hamba-Ku, meminta minum tetapi tidak kamu beri minum? Tidakkah kamu tahu seandainya kamu beri dia minum kamu akan menemukan itu pada-Ku?” (HR Bukhari).

Dalam bahasa kiasan dapat dikatakan bahwa ada Allah di sisi orang sakit. Ada rahmat Allah sedang turun pada orang sakit. Dengan menjenguk orang sakit, kita sebenarnya sedang menjemput rahmat Allah. Dengan membesuk orang sakit, kita sebenarnya sedang mendekatkan diri kepada Allah.

3. Ada surga pada orang sakit

Perhatikan hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa beliau bersabda, “Sesungguhnya apabila seorang muslim membesuk muslim lainnya (yang sedang sakit), ia akan tetap memetik buah surga sampai ia pulang.” Menjenguk orang sakit diibaratkan dengan memetik buah surga.

4. Didoakan kebaikan oleh Malaikat
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2586 seconds (0.1#10.140)